Membuat Windows XP Live CD

Infonya sudah basi, tapi buat dokumentasi aja :?

Untuk membuat windows live cd, dibutuhkan:

1. Bart PEbuilder
2. CD burner (Nero, salah satunya)
3. CD Windows XP Bootable
4. Beberapa plugins PEBuilder

Satu: Download PeBuilder di sini dan install. Pastikan cukup spasi kosong. Setelah memasukakn semua program, PEBuilder akan membuat file ISO yang akan diburn ke CD nantinya. Ukuran file ISO tergantung dari berapa banyak program yang ditambahkan ke live CD yang dibuat, minimal sih ukurannya tidak lebih dari 700MB.

Dua: Kalo' maw tambah wallpaler desktop pada saat booting. Untuk itu, buka folder instalasi PEBuilder dan ganti bartpe.bmp dengan wallpaper anda.

Tiga: Download XPE plugin di sini. Yang merupakan GUI shell dari XP Live CD (untuk tampbilan tombol Start dan taskbar yang menyerupai XP). Masih banyak plugins/program yang bisa ditambahkan, seperti Antivirus (Kaspersky, NOD32, Avast); burning (Nero); media players (VLC); OpenOffice, Foxit PDF reader, Acrobat Reader.

Pebuilder plugins
Plugins lainnya

Empat: Setelah selesai mendownload smua program pilihan anda, buka PEBuilder dan arahkan ke CD Windows XP, atau bisa juga copy smua CD ke harddisk dan arahkan ke situ.


Lima: Klik Plugins dan tambahkan semua plugin yang diinginkan.

Enam: Tentukan file ISO dan klik Build.

Tujuh: Burn image ke CD

Coba booting dengan CD yang barusan dibuat, pastikan settingan Bios adalah boot melalui CD untuk pertama kalinya. (Biasanya sih tombol F11 atau F12)



Desktop Live CD XP



Aplikasi Abiword



VLC Media Player

2 comments

Write comments
Hal
AUTHOR
4:44 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar