Menghapus Proxy Cache Directory

Cache directory pada mesin squid saya sudah penuh, browsing sudah menjadi lemotzz..
Kalo cuma pake perintah squid -z, itu tidak menghapus file-file cache, hanya me-rebuild cache directory saja.
Tapi kalo dihapus, satu-satu, pake perintah rm -rf, memakan waktu yang sangaaaaaaat lamaaaaa....!!!
Untuk cepatnya, harus diformat aja, berikut step by step menghapus Cache Directory pada mesin proxy Ubuntu 11.04 Server (Kasihan, cache-cache file yang sudah ada, harus dihapus... :()

1. Stop squid service
sudo /etc/init.d/squid stop

2. Unmount directory cache
sudo umount /cache

3. Format partisi cache
sudo mkfs.btrfs /dev/sda2

4. Tampilkan blok ID
sudo blkid

5. Edit file fstab, kemudian ganti blockID yang dibuat pada blockID yang lama pada file fstab
sudo pico /etc/fstab

6. Mount kembali partisi cache
sudo mount /cache

7. Ganti kepemilikan dan permission
sudo chown -Rf proxy:proxy /cache
sudo chmod +rw -Rf /cache

8. Rebuild cache dan running kembali squid services
sudo /usr/sbin/squid -z
sudo /etc/init.d/squid start

Cache kembali kosong, segar dan bersemangat....
Happy caching !!!!

1 comments :

Write comments
2:01 AM delete

5. Edit file fstab, kemudian ganti blockID yang dibuat pada blockID yang lama pada file fstab
sudo pico /etc/fstab

gak ngerti yang itu, :D

Reply
avatar