Memperbaiki Tombol Like yang Terpotong

Memperbaiki Tombol Like yang Terpotong - Tombol like dari Facebook sudah terpasang di Sidebar Blogger Anda, mengharapkan ada visitor yang singgah dan mengklik tombol Like ataupun tombol Send.

Saya sebagai pemilik Blog dan juga visitor pertama, tentunya tak ingin ketinggalan, langsung saja tombol Like di-klik. Berhasil, pemilik Blog sebagai Liker-pertama. Selanjutnya, coba-coba klik tombol Send, apa yang terjadi? Ternyata tidak seluruh tampilan Form Send Facebook kelihatan, terpotong tepat di batas kanan dari Sidebar template Blogger. Adakah yang salah dengan template nya? Tidak juga, kalau begitu yang salah Developer Facebook, yang telah membuat Like tidak tampil sempurna.

Memperbaiki Tombol Like yang Terpotong

Daripada saling menyalahkan, bagaimana kalau kita cari masalahnya dan betulkan. Menurut saya sih, masalah ada pada pengaturan (CSS) pada style Div. Hal ini terjadi karena penggunaan atribut overflow:hidden, pada style class nya. Sehingga apa pun yang telah melewati batas kanan sidebar (atau istilah kerennya overflow), maka tidak akan ditampilkan.

Oke, itu masalahnya, selanjutnya cara memperbaikinya. Pertama-tama kita perlu tahu nama atau id dari Div pada template ini, kebetulan saya menggunakan Firefox, yang sudah dilengkapi dengan tools Inspect Element (pembahasan mengenai Inspect Element akan dibahas pada postingan yang lain).

Langsung saja, klik kanan pada area kosong browser, klik Inspect Element. Maka akan tampil toolbar utamanya, klik tanda panah, untuk memilih element-element Html yang ada.


 Memperbaiki Tombol Like yang Terpotong


Arahkan, dan cari yang kira-kira menjadi batas paling luar dari Sidebar tersebut. Oke, dapat, ternyata nama div (class) nya adalah sidebar-wrapper.

Memperbaiki Tombol Like yang Terpotong


Buka kembali blogger Anda, masuk ke Template, Edit HTML, cari sidebar-wrapper, biasanya diawalai dengan tanda . (titik) atau tanda # (pagar).

Memperbaiki Tombol Like yang Terpotong

#sidebar-wrapper{width:320px;float:right;word-wrap:break-word;overflow:hidden}

Ternyata betul, terdapat atribut overflow:hidden. Langsung saja, hapus tulisan overflow:hidden.
Save Template Reload blogger Anda (tekan F5), kemudian coba lagi.
gambar

Memperbaiki Tombol Like yang Terpotong


Demikian cara memperbaiki Tombol Facebook Like yang terpotong, semoga bermanfaat, terima kasih.


(z)