Bagaimana Ciri Blog Spammer

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin pencari google selalu mengupdate algoritma pencariannya yakni Google Penguin yang merupakan salah satu algoritma khusus yang memberi penalti kepada situs – situs yang dianggap melakukan kegiatan spam (webspam).

Bagaimana Ciri Blog Spammer

Hal ini dilakukan untuk mencegah spamming di web. Lalu apa dampak jika blog kita juga dibasmi oleh algoritma tersebut ?
Lalu, bagaimana sih Ciri-Ciri Webspam Dalam Algoritma Google Penguin ? Smile

Mari kita lihat ciri-cirinya berikut ini :


Hidden Text

Text yang sengaja disembunyikan dengan cara memberi warna sama dengan warna background template blog yang digunakan dapat dikategorikan sebagai salah satu blackhat seo apalagi bila text yang kita sisipkan tersebut berupa keyword blog, google akan menganggap ini sebagai salah satu cara spamming dalam teknik SEO.

Hidden Links

Sama halnya dengan nomor satu diatas, membuat link yang sengaja disembunyikan dengan cara memberi warna background template blog yang digunakan dapat juga dikategorikan sebagai salah satu tindakan spamming karena bagi sebagian orang link semacam ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kunjungan tak terduka dan bisa jadi untuk situs – situs affiliasi mereka. Dengan kata lain cara menyembunyikan link dengan warna yang sama dengan background template blog dapat dipergunakan untuk menjebak beberapa pengunjung blog untuk mengunjungi situs yang tidak diharapkan karena itulah algoritma Google Penguin menjadikannya sebagai salah satu ciri webspam.


Keyword Stuffing

Dalam membuat content yang SEO friendly biasanya kita akan mengulang beberapa kata tertentu yang kita jadikan target kata kunci, tujuannya agar persentase keyword density menjadi meningkat yang pada akhirnya search engine google akan menganggap konten kita tersebut sangat relevan untuk ditampilan karena banyaknya keyword yang kita sebar didalamnya. Tahukan kita bahwa algoritma search engine google memberi batasan khusus bila upaya optimasi melalui penyebaran keyword yang kita jalankan terlalu berlebih, google akan langsung menganggapnya sebagai tindakan spam.


Irrelevant Keywords

Membuat keyword yang tidak relevan dengan isi konten dapat dikatakan sebagai salah satu usaha untuk memanipulasi pengunjung dan spider bot. Agar blog tidak dianggap sebagai webspam oleh Google Penguin, kita pernatikan pula pemilihan keyword untuk setiap konten blog kita.


Cloaking atau Sneaky Redirect

Untuk suatu situs yang menerapkan praktek sneaky redirect dan cloacking sesungguhnya sangat merugikan pengunjung blog kita, pada dasarnya pengunjung ingin masuk dan membaca halaman blog kita namun disisi lain ketika mereka mendatangi situs ternyata mereka dialihkan ke suatu halaman lain yang tidak diinginkan. Baik manusia maupun spider bot sangat membenci situs semacam ini karena itulah algoritma Google Penguin akan gencar memberi penalti bagi situs menerapkan teknik ini.


Doorway Page

Doorway Page adalah usaha mengkelabuhi mesin pencari dengan menyajikan banyak keyword dengan script tertentu (pengunjung tidak dapat melihat keyword ini, hanya spider bot). Kebanyakan halaman dengan teknik ini hanya menyajikan muatan content yang minim dan kurang berkualitas sehingga menjadikan teknik ini sebagai salah satu teknik Blackhat SEO yang melanggar aturan Google. Di saat ini, situs dengan penerapan Doorway Page menjadi salah satu incaran dari penalti Google Penguin.


Duplicate Content

Duplikat content memang bukan rahasia lagi bahwa teknik ini akan menjadi salah satu teknik yang dikategorikan kedalam ciri webspam oleh google penguin. Sebisa mungkin hindarilah hal ini. 


Link Spam

Dalam menguatkan internal link building, setiap content pasti akan memberi link keluar ke content kita yang lainnya. Link keluar yang tidak relevan dengan link content blog kita dapat diartikan sebagai bad link. Lebih parahnya algoritma Google Penguin menjadikan content blog yang memuat link yang tidak relevan dengan link keluarnya sebagai webspam. Tak terkecuali link-link dari situs-situs porno dan situs-situs yang mempunyai malware (virus).


Query Otomatis ke Google

Untuk blog yang menjalankan script otomatis dengan memunculkan content hasil pencarian terutama dari search engine Google, dapat diartikan merugikan pengunjung blog dan tentunya melanggar hak cipta google sendiri. Misalnya blog-blog AGC dan Auto Content.


Program Affiliasi

Pertengahan desember tahun 2011, terjadi update baru pada TOS Google dan salah satunya adalah adanya sinyal pada situs yang mengikuti program affiliasi untuk menyajikan content yang lebih informatif dan relevan kepada pengunjung agar terhindar dari penalti google. Untuk saat ini pun juga masih demikian, bila situs affiliasi kita kurang begitu memberi nilai bagi pengunjung kita, bisa jadi Google penguin akan menganggap situs kita dibuat hanya untuk mencari uang tanpa memperhitungkan kualitas situs kita.


Mengandung Virus dan Sejenisnya

Salah satu ciri webspam menurut Google Penguin adalah situs yang mengandung virus, malware, trojan dan sejenisnya. Situs seperti ini sangat merugikan pengunjung karena itu bila blog kita terindikasi mengandung virus entah itu disengaja maupun tak sengaja, pihak Google dapat memberi hukuman langsung pada blog kita bila tidak segera diatasi.


Link Berbayar

Ciri webspam yang terakhir dalam algoritma Google Penguin adalah link berbayar, bila Google mengetahui kita menjual dan membeli link melalui algoritma barunya, Google akan langsung memberikan hadiah penalty berupa Google Penguin.
Nah, sekian dulu postingan mengenai 12 Ciri Webspam dalam Algoritma Google Penguin ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua! Salam.