Cara Mengkalibrasi Baterai Laptop dan Notebook

Kalibrasi? Apa sih maksudnya?. Proses kalibrasi di sini bukan untuk mengukur ulang baterai dan juga bukan untuk mengembalikan kemampuan baterai yang memang sudah usang ke kondisi normal, tetapi untuk mengembalikan indikator sensor yang salah dengan kemampuan asli baterai, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menginformasikan kondisi baterai Anda.




Pernahkah Anda menggunakan laptop dan tiba-tiba muncul peringatan bahwa baterai akan segera 'habis'? Atau bisa juga kebalikannya, Anda masih mengira baterai laptop masih cukup (misalnya dengan indikator 10% left), tetapi ternyata tiba-tiba mati sendiri? Nah di sinilah fungsi dari kalibrasi bateri tersebut.

Adapun Cara Kalibrasi Baterai Laptop dan Notebook Sebagai berikut :
  • Hidupkan notebook atau netbook anda.
  • Charger hingga penuh (100%), setelah indikator menyatakan penuh jangan cabut chargernya biarkan overcharge selama dua jam. selama overcharger anda bisa melakukan aktivitas dengan netbook atau notebook anda.
  • Setelah dua jam overcharger, buka control panel kemudian kemudian buka power options, dan atur seperti gambar dibawah ini.
Untuk Windows 7








Untuk Windows XP





  • Kemudian simpan pengaturan anda klik apply lalu ok. lepaskan charge pada perangkat anda, jangan lakukan aktivitas biarkan laptop anda dalam kondisi idle dengan daya baterai yang terus berkurang hingga hibernate dengan sendirinya.
  • Biarkan laptop Anda dalam kondisi hibernate selama delapan jam. Setelah itu charge kembali laptop anda hingga indikator lampu baterai menandakan full (penuh).
Jika anda sudah melakuan proses kalibrasi dengan benar, akurasi baterai anda akan kembali normal. Ingat! proses ini bukan untuk mengembalikan baterai yang sudah usang ke kondisi normal baru. Sebuah baterai mempunyai umur pakai kemudian kondisi baterai akan mulai aus(melemah) sehingga anda perlu mengganti baterai dengan yang baru.

Download juga Software untuk Mengidentifikasi status baterai anda dengan BatteryCare 

Sekian, semoga bermanfaat.. :)

1 comments :

Write comments
1:02 PM delete

eh gan kalo wear level tuh bisa di jadiin 0%lagi gak gan

Reply
avatar