Cara Inject Ulang Smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint

Kali ini korban yang masuk adalah seekor, eh, satu unit smartphone iPhone 4 CDMA Sprint. Sekedar info, iPhone 4 CDMA, ada 2 versi yakni Verizon dan Sprint. Kedua versi ini merupakan provider resmi CDMA untuk iPhone. Nah, khusus wilayah Indonesia, yang support OTA (on the air) dengan provider CDMA lokal (dalam hal ini Smartfren) adalah Verizon. Karena cukup dengan registrasi di gerai Smartfren, beres. Tetapi berbeda halnya untuk provider Sprint, ada beberapa "ritual" yang harus dilakukan agar versi iPhone Sprint ini bisa support dengan provider CDMA lokal.

BAGI ANDA YANG MEMILIKI IPHONE 4 CDMA SPRINT, JANGAN SEKALI-KALI MERESET FACTORY, KARENA SEMUA SETTINGAN CDMA AKAN HILANG!!!

Oh iya, untuk kasus kali ini, dicoba pada iPhone 4 CDMA Sprint dengan iOS terakhir 7.1.2. Pastikan alat dan bahan-bahan sudah tersedia (didownload tentunya). Oke langsung saja, berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk meng-inject ulang smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint.

Alat yang dibutuhkan :
1. Kabel data ori (yang KW juga bisa, yang penting iPhone terdeteksi oleh iTunes)
2. PC/Laptop
3. Koneksi internet secukupnya
4. iPhone CDMA Sprint yang jadi korban

Adapun bahan yang dibutuhkan antara lain :
1. iTunes versi terbaru
2. Jailbreak Tools :
- Evasion (for iOS 7.0.x)
- Pangu (for iOS 7.1.x )
3. iFunBox
4. WinSCP
5. SmartFren Carrier Bundle

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Jailbreak
1. Lakukan Jailbreak pada iDevice menggunakan Evasion ataupun Pangu, caranya saya gak bahas yah, anggap saja sudah bisa. Gampang kok, tinggal klik-klik saja.
2. Pastikan Jailbreak sukses dengan tampilnya icon Cydia dan bisa terbuka saat di-tap

Menambahkan Repository
1. Tambahkan source repository pada cydia (yang biasa pake Cydia, pasti paham nih, tapi kalau belum, silahkan baca cara menambahkan repository di cydia. Tambahkan dua repo berikut :
- cydia.myrepospace.com/cdma
- cydia.myrepospace.com/iMalang
2. Install CommCenter Patch for iOS 7+ dengan mengklik source cydia.myrepospace.com/cdma yang telah ditambahkan tadi, kemudian lakukan restart
3. Install Cricket Carrier Bundle, biar gampang, gunakan fasilitas search pada Cydia. (pada kasus saya, menggunakan Cricket Carrier Bundle tidak berhasil, bisa diketahui dengan ada tidaknya simbol sinyal yang muncul)
4. Jika Carrier Cricket tidak berhasil, bisa gunakan Page Plus Bundle Carrier
5. Restart
6. Pada saat ini harusnya sinyal sudah muncul, dan  info Carrier sudah berubah menjadi Cricket ataupun Pageplus (lihat di General -> About> - Carrier)

Cara Inject Ulang Smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint

Menambahkan File SmartFren Carrier
Karena iFunBox saya error, maka saya menggunakan aplikasi WinSCP, prinsipnya sama saja kok, yakni menghapus file yang berisi Carrier pada iPhone, dan menggantinya dengan SmartFren Carrier. Tetapi langkahnya agak sedikit rumit dan harus menggunakan perangkat tambahan seperti wireless router, atau bisa juga diakali dengan memanfaatkan hotspot pada warung-warung kopi.
1.  Install OpenSSH di Cydia, kemudian aktifkan SSH nya
2. Aktifkan wireless iPhone kemudian koneksikan ke wireless/hotspot, dan catat informasi IP Address
3. Buka WinSCP, kemudian login

Cara Inject Ulang Smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint
4. Pada bagian kanan, direktori iPhone, buka folder /System/Library/Carrier_Bundle/iPhone/Cricket_Appleflasher

Cara Inject Ulang Smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint

5. Hapus semua file yang ada di dalam direktori tersebut

Cara Inject Ulang Smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint

6. Pada jendela bagian kiri, arahkan ke direktori Smart_confidential
7. Copy semua file di dalam folder tersebut (filenya saja, foldernya tidak usah), kemudian paste-kan ke direktori iPhone di jendela sebelah kanan

Cara Inject Ulang Smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint

8. Reboot iPhone, dan seharusnya tanda 1x atau 3g sudah muncul, jika tidak aktifkan roaming, buka Setting-> Mobile Data -> Roaming
9. Lanjutkan dengan menelpon/call ke nomor *22804, *22801, *22891, *22890, *22800, *228, salah satunya saja yang yang bisa
10. Nanti ada mbak-mbak dari SmarFren yang bilang "Selamat datang di smartfren pilih nomer sesukamu". Pilih pilihan 1
11. Selanjutnya, akan tampil notifikasi pada iPhone, "Setting Success"

Cara Inject Ulang Smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint

Cara Inject Ulang Smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint

Cara Inject Ulang Smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint

Cara Inject Ulang Smartfren pada iPhone 4 CDMA Sprint

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat dan berhasil

(z)

7 comments

Write comments
11:38 AM delete

gan ane mau coba , tapi takut kaga bisa gan hehehe ...

Reply
avatar
12:05 AM delete

add reponya rto terus gan. gak bisa.
ada cara lain gak ???

Reply
avatar
1:39 PM delete

to All, untuk repo, kayaknya sudah dead, ini saya masih nyari-nyari repo untuk CDMA lainnya

Reply
avatar
5:25 PM delete

It was so very helpful.. Thanks for sharing

Reply
avatar
5:25 PM delete

It was so very helpful.. Thanks for sharing

Reply
avatar
11:40 PM delete

Gan Repo nya di update dong, cari repo cdma gak dapet2..
mungkin ente ada link lain gan

Reply
avatar