Tutorial Menggunakan XPrivacy bagi Driver GoJek

Wahh, lumayan lama juga tidak update postingan. Baiklah, untuk postingan kali ini, akan saya bahas sedikit tentang XPrivacy.

Apa itu XPrivacy? XPrivacy merupakan salah satu modeul XPosed (lahh, XPosed sendiri itu apa?, hadehh, nantilah saya bahas pada postingan selanjutnya), yang  dapat mencegah suatu aplikasi untuk membocorkan data pribadi yang bersifat sensitif dengan membatasi kategori-kategori data yang dapat diakses oleh aplikasi yang diinstal seperti contact ataupun lokasi. Contoh, jika Anda membatasi aplikasi untuk mengakses contact, maka aplikasi tersebut hanya akan menerima daftar contact yang kosong. Sama halnya jika membatasi akses lokasi dari suatu aplikasi, maka XPrivacy akan mengirimkan lokasi yang palsu pada aplikasi tersebut.

Bagi driver GoJek, aplikasi ini lumayan membantu untuk "melindungi diri" dari server yang "ingin" mengetahui, aplikasi apa saja yang diinstall, aplikasi yang sedang berjalan, bahkan sampai ID perangkat android yang digunakan. (If You Know What I Mean)

Oke, langsung saja, berikut ini beberapa opsi yang bisa dicentang jika Anda ingin menggunakan XPrivacy untuk "melindungi" Anda, dan karena ini adalah modul XPosed, maka pastikan XPosed sudah terinstal dengan baik pada perangkat Anda.

Download dulu XPrivacy, bisa melalui XPosed ataupun langsung sedot APKnya di http://dl-xda.xposed.info/modules/biz.bokhorst.xprivacy_v481_ea5be7.apk

Selanjutnya saya akan jelaskan sedikit mengenai icon/gambar legenda XPrivacy


* Partly Restricted :  dibatasi sebagian
* Restriction will be asked : maka setiap ada akses ke kategori tersebut, maka akan dimintai persetujuan terlebih dahulu (untuk coba-coba, bisa pake ini dulu)
* Has Used This Data : berarti data untuk kategori ini sudah pernah digunakan
* No Used Data Availabe : tidak ada data yang tersedia (aplikasi pernah meminta data ini, tetapi tidak tersedia)
* Has Android Permission : sudah diizinkan oleh sistem/android (saat instalasi)
* Has Internet Permission: akses internet

Nah, setelah sedikit mengenai legenda, berikutnya silahkan cari aplikasi yang akan dibatasi (dalam hal ini adalah Gobis Driver), kemudian centang kolom yang pertama.


Cari bagian/kategori Identification, pilih tanda panah untuk menampilkan daftar item kategorinya


Kemudian cari lagi di kategori System

 

Setelah semua sudah dicentang, silahkan restart/reboot perangkat Android Anda.

Disclaimer: demikian tutorial menggunakan XPrivacy bagi Driver GoJek, settingan di atas adalah settingan yang pernah dicoba, blog.zdienos.com, tidak bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada account maupun perangkat Android Anda, dan jika memiliki tambahan atau perlu dikurangi, silahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat
(z)

3 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
2:52 PM delete

Kalau stelahnya, gobis jadi brasa ngeleg berat dan lambat, ada solusi mas

Reply
avatar
zdienos
AUTHOR
2:30 PM delete

kalau HP ZTE815W emang berat mas, makanya kebanyakan pake HP Gede, truss install XPosed.

menurut saya pribadi sih, setelah versi 100 ke atas, mending pake Ori saja, plus HP Bawaan aja. Karena systemnya sudah berbeda

Reply
avatar
11:11 AM delete

kalu seting gd versi 2.11.0 berubah ga

Reply
avatar