Transfer GoPay - Fitur Baru di Aplikasi GoBis Driver GoJek

Kemarin habis narik perdana di vesi 106 GoBis for Driver. Pada versi 1.106 GoBis for Driver, ada fitur baru yang diperkenalkan oleh PT Gojek Indonesia (PT. AKAB), yakni adanya tombol Transfer GoPay di pojok kanan atas, yang tampil setelah kita melakukan pickup terhadap orderan yang masuk ke aplikasi GoBis driver.

Apa saja kegunaan dari tombol Transfer GoPay?

1. Secara langsung dapat melakukan TopUp ke Customer, tentunya sesuai dengan batas minimum deposit driver. 
TopUp GoPay di sisi Customer, dengan cara Customer memberikan sejumlah uang (cash) ke driver, kemudian Driver mentransfer dengan jumlah yang telah disepakati melalui tombol Transfer GoPay.

2. Di sisi Driver, menjadi Withdraw
Keuntungan di sisi Driver Gojek adalah, bisa menjadi Withdraw instan, tanpa harus ke ATM lagi, apalagi jika hari Libur Kerja dan juga jika jumlah Cash di tangan driver sudah menipis. Tetapi tentunya tidak semua customer mau topup pada waktu itu juga.

3. Kekurangan Kembalian Customer
Transfer GoPay dapat pula digunakan sebagai "uang kembalian" karena uang cash kurang, tetapi deposit Driver lumayan banyak. Misalnya total ongkos berikut makanan adalah Rp 90.000, customer "ngasih" uang Rp 100.000, tetapi uang cash driver gak ada (baru narik, atau masuk credit semua), maka sebagai "uang kembalian", driver bisa menggunakan Transfer GoPay senilai Rp 10.000 ke akun customer tadi.

Cara Transfer GoPay

Setelah Driver mem-pickup orderan, dan sesaat sebelum drop off, silahkan tekan tombol Transfer GoPay.


Masukkan jumlah nominal yang akan ditransfer (sesuai kesepakatan), dan tentunya sesuai batas minimum deposit (Rp 50.000 jika tidak memiliki cicilan).


Selanjutnya, akan tampil menu konfirmasi, jadi nantinya akan ada 4 digit kode konfirmasi yang terkirim ke no HP Driver. Masukkan kode konfirmasi ke kolom yang tersedia.


Nah, sampai di sini saya mencoba, ternyata kode konfirmasi belum masuk juga ke HP saya, meskipun saya Kirim Ulang. Mungkin karena aplikasi customer belum diupdate, ataukah memang system ini belum siap pakai. Entahlah, pokoknya sekarang, ada yang namanya Fitur Transfer GoPay.

Update !

Ada tambahan dari rekan driver, yang sudah pernah transfer GoPay, entahlah, saya juga bingung, kenapa tidak ada sms konfirmasi yang masuk ke no saya. Itu saja updatenya.



Mudah-mudahan tidak ada celah keamanan pada fitur ini, yang bisa dimanfaatkan orang-orang tertentu, yang akan sangat merugikan Driver.

Semoga bermanfaat

Salam, Jalanan belum diaspal
(z)