Misteri Insert-Key pada Mac (OSX)

Sudah 2 (dua) hari yang lalu, terjadi keanehan pada Hackintosh yang saya gunakan. Padahal malam sebelumnya normal-normal saja, shutdown properly, dll. Keanehannya, saya tidak bisa mengetik apapun itu, cursor selalu berubah menjadi tanda-tanya (Question Mark).


Ahh, ini mungkin keyboard saya yang rusak, atau baterai minta ganti. Setelah mengganti baterai, keadaan masih sama, tetap tidak bisa mengetik dan cursor berubah menjadi Question Mark.
Ahh, berarti keyboard saya yang rusak, saya coba jalankan Parallel Desktop untuk running Linux, ANEHHH, keyboard saya berfungsi dengan normal.

 
Kesimpulan, ada yang aneh saya sistem nih.

Install ulang Hackintosh? Waduhh, lama, lagi banyak kerjaan, dan sebagainyalah. Walhasil, setelah tanya-tanya sama MBAH di Internet, ini terjadi karena ketidak sengajaan mengaktifkan tombol INSERT. Entahlah di keyboard Mac yang asli apa ada tombol INSERT? Karena kalau virtual keyboard saya jalankan, INSERT key itu adalah HELP key.


Nahh, mungkin ini penyebabnya, saya cobalah cari cara agar INSERT key kembali non aktif. Mulai dari klik sendiri keyboard Viewer OSX, hingga pada melakukan menonaktifkan INSERT key pada Paralel Desktop di OS Windows dan Linux. Tetapi tidak ada yang berhasil.

Putus asa!!! Akhirnya keyboard saya tekan acak-adull, kanan kiri, FN CTRL ALT SHIFT dan sebagainya.
Pada akhirnya, bisa!!! Loh kok bisa? Iya, secara "ajaib" Question Mark kembali menjadi Panah, dan saya sudah bisa mengetik dengan lancar.

Jadi kepikiran, apa yah yang menyebabkan INSERT key aktif di OSX? Saya cobalah kembali segala kemungkinan dan akhirnya jatuh kepada tombol [FN][COMMAND][M]

Tetapi, saya coba lagi kok tidak bisa? Betul-betul sebuah misteri.


Itu saja, semoga bermanfaat
(z)