Memperbaiki Brightness Function Key di Linux LiteOS

Coba-coba instal Linux Lite OS, ya, menurut reviewnya, ini adalah Distro Linux turunan Ubuntu yang paling ringan. Penasaran juga, setelah install, ternyata benar, ringan dan cepat. Oh iya, distro ini dicoba pada Laptop jadul Acer Aspire 4740.

Untuk deteksi perangkat keras, seperti distro linux pada umumnya, semua driver untuk hardware terdeteksi dengan sempurna, sound card, wi-fi, dan sebagainya.

Namun yang sedikit menjadi kendala adalah tingkat kecerahan layar (brightness) menjadi sangat tinggi, ceraahh sangadd, bikin mata jadi cepat lelah. Saya kemudian mencoba menurunkan tingkat kecerahan melalui tombol Function yang terdapat pada laptop. Secara notifikasi sih, brightness sudah menjadi minimum, tapi kok, layarnya tetap secerah mentari?


Tibalah saatnya, mencari solusi untuk masalah ini, dan setelah baca kanan-kiri, sana sini, ternyata driver vga intelnya belum terload dengan sempurna, dan hampir semua Distro Ubuntu dan turunannya, bermasalah dengan VGA Driver Intel dan NVidia.

Oke, anggaplah kita tidak mengetahui driver VGA apa yang digunakan pada Laptop ini, karena solusi ini khusus untuk VGA dengan chipset Intel.

Cara Mengetahui Driver VGA pada Distro Ubuntu dan Turunannya

Buka terminal, kemudian ketikkan

ls /sys/class/backlight/


Hasilnya adalah acpi_video0 dan intel_backlight, ini berarti VGA driver yang digunakan adalah Intel. Nah, karena kebetulan trik ini baru saya coba pada driver Intel dan berhasil.

Memperbaiki Tombol Fungsi Brightness di Linux LiteOS

Buka terminal, lalu buat file baru pada directoy berikut:

sudo pico /usr/share/X11/xorg.conf.d/20-intel.conf


Masukkan password administrator, kemudian setelah terbuka editor pico, ketikkan konfigurasi berikut:

Section "Device"
 Identifier "card0"
 Driver "intel"
 Option "Backlight" "intel_backlight"
 BusID "PCI:0:2:0"
EndSection

Save dengan menekan tombol kombinasi [Ctrl]+[X], lalu pilih yes [y].

Selanjutnya, lakukan Log-Off system, lalu Log-In kembali.

Selesai, tombol Fungsi Brightness sudah bekerja dengan semestinya, sesuai dengan indikator Brightess.

Semoga bermanfaat,
(z)