Review Zotac GeForce GTX 1050

"Ketemu" di jalan, Graphic Card Zotac Ge Force GTX 1050 (mini). Ukuran yang compact (mini), disertai satu fan tanpa power supply tambahan, dengan harga dan spesifikasi yang lumayan lah. Oh iya, sebenarnya ini bukan Review, karena belum dicoba, kan baru "ketemu" di jalan.

Zotac GeForce GTX 1050

Spesifikasi

Interface memory menggunakan instruksi 128 bit dengan clock memory 7GHz, menggunakan chip GDDR5, GTX 1050 mengusung VRAM sebesar 2GB. Selain dimensinya yang cukup kecil, yakni 14.5 x 11.1 cm,  satu lagi yang menjadi nilai tambah dari Zotac GeForce GTX 1050 ini adalah konsumsi daya yang rendah, sekitar 75W (menurut spesifikasi dari situs resmi), sehingga tidak memerlukan tambahan konektor power yang "nyantol" ke VGA Card, tentunya dengan PSU unit yaaaahh, minimal 500W lah kira-kira (di manualnya sih rekomendasi minimal 300W).

Zotac GeForce GTX 1050

Port

Sebagai referensi buat Anda yang mungkin "ketemu" di jalan, Zotac GTX 1050 ini tidak dilengkapi dengan port VGA,  terdiri 3 buah port output, yakni 1 buah Dual Link DVI (DVI-I), 1 buah HDMI 2.0 dan 1 buah Display Port.

Port Output Zotac GeForce GTX 1050

"Tenang saja, saya punya konverter DVI ke VGA kok". Tunggu dulu, DVI-D hanya memiliki 1 pin "minus" di bagian kiri.

DVI-D to VGA Converter

seriousseverity.wordpress.com
Ada tiga jenis model DVI; DVI-I (single/dual link), DVI-D (Single/Dual Link) dan DVI-A. Konverter yang umum dijual untuk DVI ke VGA adalah untuk DVI-A (Analog) dan DVI-I (istilah tokonya Plus 4), yang tentu saja tidak akan bisa masuk ke port DVI-D, karena DVI-D hanya memiliki 1 pin "minus", sedangkan konverter umum yang dijual memiliki tambahan 4 pin (istilah tokonya Plus 4).

seriousseverity.wordpress.com
Ada lagi, apa sih bedanya Single Link dan Dual Link DVI? Secara cepat, saya bisa infokan, single link dan dual link adalah kemampuannya untuk "melempar" gambar pada lebar layar berapa dengan frekuensi berapa.
www.l-com.com

Baca Juga : Perbandingan Antara DVI, HDMI, Display Port dan SDI

Kebetulan saya punya konverter DVI-D ke VGA, dan setelah dicoba, gambar tidak keluar (No Signal).

DVI-I to VGA Converter


Cari tambahan referensi, ternyata 4 pin (istilah tokonya Plus 4) itulah  sinyal atau data analog yang akan digunakan oleh VGA sebagai "penampil" gambar.  Coba cari-cari konverter di tokopedia, akhirnya dapat dengan harga Rp 100.000, bentuknya seperti ini

DVI-I to VGA Converter (Active)

Mungkin itu bisa menjadi solusi agar VGA Card ini bisa digunakan pada Monitor LCD VGA standard.

Solusi Lain

Setelah bongkar beberapa kotak rahasia, akhirnya saya menemukan juga konverter Display Port ke VGA, wahh ini jadi solusi yang paling cepat dan tanpa biaya, untuk saat ini agar bisa mencoba Zotac GeForce GTX 1050.

Display Port to VGA Converter (1)

Display Port to VGA Converter (2)

Display Port to VGA Converter (3)

Semoga bermanfaat

(z)

Latest