Akhirnya Iklan Matched Content Tampil Juga

Sudah berbulan-bulan lamanya, beberapa blog lain, saya perhatikan memiliki iklan (Google Ads) yang merupakan artikel dari blog itu sendiri. Dalam hati saya berpikir, wahh hebat nih, iklan tapi isi iklannya artikel dari blog sendiri.

Setelah cari tahu (bukan tempe), itu namanya iklan unit Matched Content, yang artinya, akan menampilkan artikel terkait dari blog atau situs kita nantinya, tetapi berbentuk Google Ads.


Saya pun coba buka Ads Unit di account Google Adsense saya, dan ternyata iklan unit type Matched Content, belum tersedia untuk blog saya, sedih sih, iya, tapi mau dikata apa, mungkin belum saatnya.

Berikut ini tipe iklan yang sudah tersedia (available) di dashboard Google Adsense saya,

Text & Display Ads


Tipe iklan ini adalah yang awal-awal dan sudah sangat umum, menampilkan iklan dan juga gambar, dengan posisi peletakan bisa di header, sidebar bahkan footer. Ukurannya juga bermacam-macam, bahkan ada yang responsive, menyesuaikan lebar kolom/layar.

In-feed Ads



Tipe iklan ini akan tampil di antara feed/daftar postingan blog kita, biasanya pada home page blog. Tetapi sejak dulu sudah bisa dibuat secara manual, dengan menambahkan kode iklan langsung pada template, tentunya ada script khusus dan kemampuan khusus untuk "membaca" kode pada template yang Anda gunakan.

In-article Ads



Untuk jenis iklan ini, iklan akan tampil pada artikel (postingan) yang sementara dibaca atau dibuka. Fitur ini masih baru, tetapi sejak awal blogging, para blogger sudah memanfaatkan jenis tampilan iklan seperti ini, tentunya dengan mengedit sendiri kode-kode pada template html/blogger secara manual dan terakhir adalah

Matched Content



Nahh, ini nih, tipe iklan yang masih baru. Tipe iklan ini akan secara otomatis menampilkan daftar postingan (mungkin yang terpopuler) atau related post (postingan terkait) sesuai dengan situs yang dipasangkan. Apakah dengan mengklik iklan ini kita dapat bayaran? Ataukah hanya sekedar pemanis saja?

Saya belum bisa pastikan, tetapi yang pasti, saya akan pasang iklan tipe ini di bawah artikel yang sedang dibaca, untuk menggantikan Related Post dan Satu unit iklan.



Oh iya, fitur matched content tidak semua tersedia di pengguna Google Adsense, seperti yang saya katakan tadi, awalnya fitur ini tidak tersedia di menu ads saya, tetapi sekarang sudah tersedia. Saya belum dapat info, apa kriteria yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan fitur iklan Matched Content.

Segitu saja untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih
(z)

6 comments

Write comments
9:50 PM delete

Saya juga pengen iklan matched content gan, tapi belom tersedia hehe

Saya oernah baca syaratnya harus 1000/day itu bener gk ya ?



Salam kenal
Www yukgas id

Reply
avatar
zdienos
AUTHOR
9:59 PM delete

kalau syaratnya sih, saya juga belum tau. soalnya viewer saya sudah 10k per hari, tetapi baru muncul di dashboard adsense saya. padahal sudah 6 bulan lebih rata-rata 10k/day nih

Reply
avatar
11:36 PM delete

Matched Content kalau postingannya dikit gak akan muncul, hrus banyak posting dulu kayaknya

Reply
avatar
zdienos
AUTHOR
2:20 PM delete

iyalah, karena dia akan mencari konten yang hampir/mirip, kalo postingannya kurang, lahh, mau ambil yang mana?

Reply
avatar
11:33 AM delete

Patut dicobah nih :D

Reply
avatar
zdienos
AUTHOR
4:37 PM delete

wahh, master blog nongol..
jadi malu nih.... :D

Reply
avatar