Perbedaan Bitcoin Mining, Cloud Mining dan HYIP

Beberapa orang awam, seperti saya ini, mungkin masih menyamaratakan istilah tersebut di atas. Padahal semuanya itu berbeda, walaupun hasilnya ataupun tujuannya adalah sama, yakni untuk menghasilkan dollar/rupiah dengan memanfaatkan cryptocurrency (mis BitCoin).

Setelah sekian lama, akhirnya tergugah juga, sekalian buat nambahin jumlah postingan di blog saya sendiri, gak ada salahnya. Jadi tulisan ini adalah murni pendapat saya pribadi saja loh ya, kalau misalkan ada yang salah, mohon dikoreksi melalui kolom komentar di bawah.

finchannel.com


Oke lah kalau begitu, mari kita bahas satu per satu.

Mining

Singkat saja, mining, atau istilahnya nambang. Proses ini adalah suatu proses komputasi sulit (hashing dan sebagainya) yang menggunakan resource (sumber daya) dari perangkat komputer kita, ataupun perangkat khusus dengan kemampuan khusus (chip khusus seperti ASIC) dalam menyelesaikan suatu transaksi serta verifikasi yang nantinya akan masuk ke buku kas besar keuangan umum (istilahnya Blockchain). Oh iya, karena buku kas besar ini bersifat umum (publik), maka kita bisa melihat semua transaksi keuangan bitcoin dari mulai awal transaksi hingga transaksi terbaru hari ini.


Ketika suatu transaksi Bitcoin diproses, ini artinya Bitcoin sedang "dipindahkan" dari satu orang ke orang lainnya, olehnya itu diperlukan sesuatu untuk memastikan bahwa semua transaksi telah direkam dengan benar dan buku kas telah tersinkronisasi ke seluruh jaringan Bitcoin.

Untuk melakukan pemrosesan ini dengan cara yang aman, komputer-komputer perlu melakukan kalkulasi kompleks atau komputasi yang begitu sulit, sehingga dibutuhkan juga energi yang besar serta alat-alat khusus yang canggih. Seseorang atau pemilik dari pernakgat komputer ini perlu membayar untuk biaya alat dan listrik untuk mendukung jaringan Bitcoin. Sebagai upahnya, mereka akan mendapatkan imbalan berupa Bitcoin yang baru ditambang.

sumber: www.dhresource.com

Perangkat komputer yang digunakan untuk menambang Bitcoin tidak boleh sembarangan, para developer di luar sana sudah membuat chip khusus dengan sebutan ASIC (Application Specific Integrated Circuit) dengan berbagai keunggulannya, produk yang paling terkenal adalah AntMiner dari Bitmain Company. Nah, karena harga perangkat ini harganya sangat-sangat mahal, para developer (miner) juga menciptakan software bahkan sistem operasi, yang dapat memanfaatkan Chip VGA atau GPU sebagai perangkat untuk mining Bitcoin.

Baca juga : Cara Mudah dan Murah Menambang BitCoin Memakai Processor Jadul

Cloud Mining

Nah, bagi para penggiat cryptocurrency yang tidak memiliki kemampuan dana, tempat dan skill untuk merakit sendiri atau mengkonfigurasi sendiri perangkat mining, beberapa perusahaan di luar sana memberikan layanan Cloud Mining.
hashflare

Artinya, mereka membeli, merakit, mengkonfigurasi, merawat dan membayar semua biaya-biaya, dengan bekerja sama dengan Anda sebagai investor dalam proses mining tersebut.

genesis-mining

Intinya, Anda cukup membayar/menyewa ke perusahaan mereka, hasil atau profitnya akan dishare kembali ke Anda, tentunya dengan perhitungan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

genesis-mining

genesis-mining

Sepanjang pengetahuan penulis, ada dua situs Cloud Mining yang cukup men janjikan dan cukup kredibel di luar sana, yaitu Genesis-Mining dan Hashflare. Situs cloud mining ini memberikan beberapa pilihan Cryptocurrency yang akan ditambang, dengan masa kontrak yang telah ditentukan.

Bitcoin HYIP

Sebelumnya saya akan jelaskan apa itu HYIP. HYIP ini singkatan dari High Yield Investment Program, artinya sih kalo tidak salah Program Investasi dengan Untung Besar atau saya bisa bahasakan begini, keuntungan investor pertama dibayarkan dari hasil investasi oleh investor kedua. Keuntungan investor kedua dibayar oleh investor ketiga dan seterusnya, atau juga dikenal dengan skema Ponzi.

Dengan semakin pesatnya pengguna cryptocurrency ditambah lagi dengan semakin tingginya harga Bitcoin (per 21 Oktober 2017, sudah mencapai $6010/BTC atau sekitar Rp 80 juta per BitCoin), banyak orang atau developer di luar sana yang memanfaatkan momentum ini dengan membuat berbagai macam program atau situs HYIP berbasis Bitcoin. Kebanyakan orang menganggap inilah yang dikatakan mining bitcoin, padahal ini adalah cuma skema Ponzi dengan memanfaatkan momentum cryptocurrency. Ingat, program HYIP ini pasti akan mati, tinggal menunggu waktu saja.


Silahkan gabung di beberapa Group Facebook di bawah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang HYIP Bitcoin

Pemburu BitCoin
Indonesia Hyip Club

Wahh, ternyata panjang juga postingan kali ini, saran saya, hati-hati dalam berinvestasi, pintar-pintar memilih dan memanfaatkan momentum.

Semoga bermanfaat,
(z)