Mencoba GTX 750Ti pada Hackintosh (macOS Sierra)

"Nemu" Graphic Card baru, GTX 750Ti, mau menggantikan VGA yang lama GainWard GF210, yang sudah sekian lama "bersemayam" di Rig Hackintosh penulis. VGA ini sangat support, di hackintosh 10.12 (Sierra) yang saya gunakan, cukup pasang, nyalakan, driver sudah terinstall secara native. Ini dia penampakan GainWard GF210.




Selanjutnya akan saya ganti dengan GTX 750Ti dari MSI, setelah foto-foto, langsung saja saya cabut yang lama dan pasang yang baru.




Booting...

Tidak ada error, langsung masuk ke desktop, tetapi resolusi monitor menjadi besar, kondisi yang sama kalau install Hackintosh yang belum instal driver.

Untuk macOS di bawah 10.11 (El Capitan), beberapa nVidia Graphics Card sudah tidak didukung lagi secara native, hanya dengan mengaktifkan flag pada bootloader config. Perlu tambahan nVidia Web Driver.


Apa itu nVidia Mac Driver (nVidia Web Driver)?

nVidia Web Driver adalah driver tambahan untuk macOS yang disediakan sendiri oleh nVidia (tidak didukung lagi oleh Apple). nVidia web driver dibutuhkan untuk mengaktifkan Graphics Card terbaru agar dapat bekerja secara sempurna pada macOS. Beberapa Graphics Card yang membutuhkan Web Driver ini diantaranya adalah GTX 750 (yang akan penulis coba), GTX 780, GTX 790, GeForce GTX 980, GTX 1070, GTX 1080, GTX TITAN dan yang terbaru lainnya.

Untuk mendownload nVidia Web Driver, silahkan download pada link  https://www.tonymacx86.com/nvidia-drivers, kemudian pastikan untuk mendownload sesuai dengan versi macOS yang sedang digunakan.


Setelah download, lakukan instalasi seperti biasa, Next-next, dan password.


Mengaktifkan NVIDIA WEB DRIVER

Bagi pengguna Clover Bootloader seperti saya,  lakukan mount ke partisi EFI, kemudian buka dengan text editor file config.plist ada pada folder /EFI/CLOVER.
Tambahkan key seperti berikut pada SystemParameters key (lihat yang dibold)

<key>SystemParameters</key>
    <dict>
        <key>InjectKexts</key>
        <string>YES</string>
        <key>InjectSystemID</key>
        <true/>
        <key>NvidiaWeb</key>
        <true/>
    </dict>

Bagi system yang agak lama, flag nvda_drv=1 juga masih tetap dibutuhkan

Save lalu reboot Hackintosh Anda.

Selanjutnya untuk pengguna Chameleon Bootloader, buka file org.chameleon.Boot.plist yang ada di folder /Extra.

Lakukan perubahan seperti berikut

<dict>
 <key>Kernel Flags</key>
 <string>-v nvda_drv=1</string>
</dict>

Saya kira cukup segitu saja untuk mengaktifkan nVidia Web Driver pada macOS Sierra.



Semoga bermanfaat, terima kasih.
(z)