Cara Cepat Membuat Bootable Windows 10 pada macOS

- Maret 29, 2018
Kadang, untuk kebutuhan tertentu, kita (kita?) memerlukan Installer Windows 10 Bootable USB untuk memperbaiki atau meng-install ulang komputer atau laptop teman yang tentunya berbeda habitat dengan macOS, diinstall Hackintosh juga dia-nya tidak mau.
Kali ini mau bagi pengalaman sekalian catatan cara membuat Bootable Windows 10 menggunakan Terminal mac OS.

Pertama, tentunya punya flashdisk minimal 8 GB (jangan lupa colok ke USB Port), dan ISO Image Windows 10, silahkan download di Windows10ISO.

Buka aplikasi terminal, lalu ketikkan perintah
diskutil list
Perintah ini akan menampilkan semua device disk yang terhubung pada mac OS.


Perhatikan baik-baik, untuk mengetahui device USB Flashdisk milik anda, sesuaikan volume name dan kapasitas, biar tidak salah format nantinya. (Saya tidak bertanggung jawab lho!)

Pada contoh postingan, adalah /dev/disk2, selanjutnya lakukan unmount atau eject (wekkk!) dengan perintah berikut
diskutil unmountDisk /dev/disk2
Amannn, flashdisk sudah unmount, selanjutnya adalah melakukan format sekaligus copy isi dari Windows 10 ISO image yang sudah didownload tadi.

Masih menggunakan terminal, ketikkan perintah
sudo dd if=
Kemudian drag file ISO Windows10 ke jendela terminal (istilahnya sih 'lewat jendela'), sebenarnya bisa juga diketik, tetapi biar tidak repot aja ketiknya, langsung drag saja file .iso ke jendela terminal tadi.


Setelah drag, tambahkan perintah berikut, sekali lagi perhatikan baik-baik no device, sesuaikan dengan device pada komputer Anda.
of=/dev/disk2 bs=1m
Maka hasil akhir dari perintah tadi akan menjadi berikut (sesuai lokasi file .ISO), 
sudo dd if=/Volumes/home/Desktop/Win10_1709_English_x64.iso of=/dev/disk2 bs=1m
Akhiri dengan menekan Enter, lalu masukkan password, proses menulis/copy ke flashdisk sudah dimulai, tunggu saja sampai selesai, biasanya memakan waktu 20 sampai 40 menit tergantung kecepatan flashdisk dan port USB yang digunakan, dan juga ditandai dengan led indikator flashdisk sudah tidak berkedip lagi dan adanya output di terminal sebagai berikut


Jika sudah selesai, selanjutnya di-eject lagi, dengan perintah
diskutil unmountDisk /dev/disk2
Perintah ini akan meng-eject flashdisk, untuk sekedar mengecek, silahkan colok lagi flashdisk dan pastikan sudah terbaca dan berisi file installer Windows 10, mungkin hasilnya akan seperti ini
Selesai, sekarang Anda sudah punya flashdisk Windows 10 Installer. 

Semoga bermanfaat, 
(z)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search