Ribbon Menu Office 2007 yang Terlupakan

Bongkar-bongkar file dan dokumen-dokumen lama, ketemulah file "penjual_komputer.xlsm". Ini adalah file Microsoft Excel (file excel yang mengandung macro atau kode program). Gunanya adalah sebagai file bantu, aplikasi sederhana dalam Excel yang memudahkan bagi penjual komputer kecil-kecilan, atau membantu orang yang akan membeli perangkat komputer, dengan fitur memilah-milih komponen dan spare-part komputer yang akan dibeli, tentunya dengan total harga. Sehingga mereka bisa menyesuaikan dana dan part komputer apa saja yang dapat terbeli dengan dana yang tersedia.





Nahh, karena kebetulan pada saat itu (Mei 2007), majalah PC Media mengadakan kompetisi Office 2007, dengan memanfaatkan fitur-fitur baru Office 2007. Oh iya, pada saat itu pula, Microsoft Secara Resmi merilis Office 2007, dengan tampilan yang lebih segar, dengan memperkenalkan yang namanya RIBBON MENU. Karena pada seri Office sebelumnya (Office 2003) masih menggunakan toolbar menu yang klasik.


Dan kebetulan juga, penulis sempat ikut pada kompetisi tersebut, dan menjadi juara ke-empat, yahh lumayanlah, bisa nampang di majalah Komputer Indonesia, hehehe. Hadiahnya waktu adalah satu DVD Microsoft Office 2007 Original resmi dari Microsoft Indonesia, yang entah kemana rimbanya. :D


Kalau mau coba file Excelnya, silahkan download di sini. Jangan lupa, pastikan untuk meng-enable MACRO saat pertama kali dibuka.

Kalau mau baca-baca PDF Majalah PC-Media khusus bagian CoverStory pemenang Kompetisi Office 2007, silahkan baca di sini.



Demikian, memory yang tak bisa dilupakan walau tak terlalu membanggakan :D.
Semoga bermanfaat (z)