Membatasi Hak Akses Internet pada Hari Tertentu Menggunakan Squid

Membatasi Hak Akses Internet pada Hari Tertentu Menggunakan Squid

Pada postingan sebelumnya, telah saya paparkan sedikit tentang bagaimana membatasi hak akses internet pada waktu tertentu dengan menggunakan Squid. Selanjutnya, pada postingan kali ini, saya coba memaparkan cara memberi hak akses internet pada hari tertentu.
Hak akses internet juga dapat diatur penggunaannya berdasarkan hari tertentu. Hal ini dapat diterapkan pada kasus sebelumnya. Apabila lab-a hanya dipakai untuk hari Senin, Rabu, dan Jumat, sedangkan lab-b digunakan hanya pada hari Selasa dan Kamis untuk kelas Internet, maka konfigurasi squid dapat diatur seperti di bawah ini :

#access controls
..
acl lab-a src 192.168.1.11-192.168.1.40/24
acl lab-b src 192.168.1.41-192.168.1.70/24
acl hari-lab-a time MWF
acl hari-lab-b time TH


#http_access

http_access allow hari-lab-a lab-a
http_access allow hari-lab-b lab-b
http_access deny all

Kombinasi huruf MWF dan THpada ACL hari-lab-a dan hari-lab-b merupakan singkatan hari untuk penulisan Access Control. Anda dapat melihat arti dari masing-masing singkatan pada tabel di bawah ini:
Membatasi Hak Akses Internet pada Hari Tertentu Menggunakan Squid


Setelah service squid di-restart atau di-reload, hak akses internet hanya dapat digunakan di lab-a pada hari Senin, Rabu dan Jumat (MWF), sedangkan akses Internet di lab-b hanya dapat digunakan pada hari Selasa dan Kamis. Hal ini dimungkinkan karena http_access hanya memperbolehkan (allow) lab-a pada saat yang telah diatur dalam hari-lab-a dan di lab-b pada waktu yang telah diatur dalam hari-lab-b. Di luar waktu tersebut, akses internet pada kedua ruang tersebut akan ditolak (deny).

Pusingkan?, Iya, emang, harus pusing, kalo tidak, berarti belum mengerti... :