Microsoft Telah Memperkenalkan Microsoft Office 2016 Preview untuk Pengguna Mac

Microsoft telah memperkenalkan Software Office yang didesain untuk pengguna Mac, Office 2016. Office 2016 merupakan release lanjutan sejak Office 2011, tentunya dengan versi terbaru untuk Word, Excel, dan PowerPoint dengan interface yang didesain agar support dengan Retina display, fitur terbaru, dan lebih menitikberatkan pada kolaborasi dan integrasi Cloud.


Office 2016 for Mac sepertinya merupakan pelepas dahaga selama penantian yang panjang. Karena di Windows saja, Office 2013 sudah release tahun lalu, dan seperti biasanya, dalam pemberian versi Office untuk Mac, tahun nya selalu lebih satu (plus 1) dibanding versi Windowsnya. Seperti Microsoft Office 2008 for Mac, Office 2011 for Mac, dan yang tidak release, dan masih dinantikan adalah Office 2014, yang ternyata langsung melompat menjadi Office 2015, sedangkan kita tahu untuk versi Windowsnya adalah Office 2007, Office 2010 dan Office 2013.

Office 2016 for Mac, masih free untuk semua pengguna Mac yang menjalankan OS X Yosemite (tentunya selama periode Preview). Microsoft mempunyai rencana tentang produk Office yang harus tersedia di mana saja, kapan saja dan pada perangkat apasaja, oleh karenanya, desain Office 2016 disesuaikan agar mendukung pula dengan Office 365 dan OneDrive.








Oke, begitu aja basa-basinya, saya sudah mencoba menginstall Office 2016, dan berikut beberapa yang bisa saya kasih komentar
  • Memperbaiki arah/orientasi gambar. Pada versi sebelumnya, kita bisa menambahkan gambar pada dokumen Word, sama mudahnya dengan PowerPoint, tetapi kemudian akan mengalami sedikit kesulitan dalam mengedit gambar agar sinkron dengan isi dokumen kita. Maksudnya, ketika kita memasukkan gambar, maka Office 2016 akan segera memberikan orientasi yang sesuai secara otomatis, tanpa perlu klik-klik lagi.



  • Skema Warna yang baru. Office 2016 akan mempersembahkan skema warna (color scheme) yang baru, tentunya dengan tetap mengembangkan mekanisme Ribbon Tab Toolbar pada Excel, Word dan PowerPoint
  • Proteksi Data Rusak. Microsoft Office meningkatkan mekanisme Recovery Data Loss yang dimiliki, meliputi Word, Excel dan PowerPoint. Tentunya hal ini akan sangat membantu bagi Administrator IT dalam menangani rusaknya data-data user
  • Peningkatan fitur pencarian (Search). Pada versi terbaru nanti, Outlook search telah ditingkatkan agar lebih efisien dan dapat diandalkan, menambahkan search engine terbaru agar dapat melakukan proses pencarian secara cepat dan OutLook akan tetap aktif pada jaringan, sehingga lebih responsive dalam mendeteksi panggilan yang tidak ditanggapi (unresponsive calls)



  • Dukungan terhadap gangguan visual. Warna terang pada versi Office terdahulu pada praktiknya agak menyulitkan bagi penderita gangguan penglihatan. Olehnya itu, Office 2016 menambahkan tema-tema berwarna gelap, sehingga dapat membantu mereka dalam menyelesaikan tugas-tugasnya
  • Traffic Management. Ini tidak ada sangkut pautnya dengan lalu lintas yah, tetapi pada Office 2016 Microsoft memperkenalkan fitur Background Intelligence Transfer Service (BITS), fitur ini akan mengurangi tingkat kemacetan lalu-lintas data, dengan memberikan jalan lain untuk setiap perintah yang tertunda (pending) dengan waktu yang sesingkat mungkin (responsif). Tentunya, dengan fitur tersebut, diharapkan akan lebih melindungi system menjadi semakin lambat ataupun Hang.



Yang mau download, mumpung masih gratis alias Free, klik di sini

Yahh, mungkin itu saja yang bisa saya posting, kita tunggu saja, bagaimana Office 2016, kayaknya sih keluarnya 2015.

Semoga bermanfaat.

(z)