Cara Mudah Transfer File dari Android ke OS X

Beberapa smartphone terbaru, biasanya tidak memiliki mode transfer media seperti mode flashdisk, jadi agak merepotkan kalau Anda ingin mentrasfer file dari smartphone android ke Mac maupun sebaliknya.

Misalnya pada Flash Ulang Asuz Zenfone 5 via ADB Sideload, ternyata hanya memiliki fitur transfer file berupa MTP dan Camera mode. Nah, dari kedua mode ini, cuma mode Camera Photo yang support langsung di OS X.

Tetapi tidak usah bingung, karena ternyata ada aplikasi Android File Transfer yang memang khusus diperuntukan bagi pengguna OS X.

Silahkan download dulu di situsnya https://www.android.com/filetransfer, atau bisa klik langsung   untuk download Android File Transfer.

Penggunaannya cukup mudah, setelah download, buka file DMG-nya, drag ke folder Application, lalu jalankan aplikasi Android File Transfer.


Untuk melakukan copy data/file, sama seperti Finder, cukup Drag dan Drop saja. Ternyata, sangat mudah mentransfer file dari Android ke OSX (pada mode MTP tentunya).


Pastikan mode transfer MTP telah aktif pada Smartphone Android Anda, jika belum aktif, maka Android File Transfer tidak bisa digunakan.


Semoga bermanfaat.

(z)