Cara Cepat Remote Desktop pada macOS Sierra

Pengguna Mac kadang butuh akses ke komputer atau aplikasi berbasis Windows, Microsoft RDC (Remote Desktop Connection) merupakan solusi yang baik untuk digunakan. Postingan berikut akan menjelaskan sedikit Cara Mengakses PC Berbasis Windows via Remote Desktop pada macOS Sierra.

Sebenarnya sudah ada solusi dengan menggunakan Parallel atau Virtualbox dan VNC. Tetapi jika hanya ingin melakukan akses jarak jauh (remote) ke komputer berbasis Windows, maka Microsoft Remote Desktop pada macOS Sierra juga cukup memadai digunakan.

Microsoft Remote Desktop untuk Mac sebenarnya sudah tersedia (didownload) melalui Macc App Store. Klik icon biru “App Store” pada Dock icon untuk membuka aplikasi App Store.



Selanjutnya ketik “Microsoft Remote Desktop” pada search bar (pojok kanan atas), harusnya sudah tampil icon komputer berwarna orange.
Lanjutkan dengan mendownload, klik tombol Get, oh iya, aplikasi ini gratis. Jika selesai download, jalankan aplikasi via Launchpad. Agar aplikasi tetap berada pada Dock, pastikan untuk mencentang Keep in Dock.

Microsoft Remote Desktop akan tampak seperti ini


Tambahkan komputer yang akan di-remote, dengan meng-klik tombol New (+), di pojok kiri atas, lalu isikan beberapa variabel. Seperti Connection Name, ini hanya sekedar penamaan saja, misalnya PC Wawan.
Selanjutnya untuk mengisikan Nama (atau IP Address) Komputer remote. Gateway untuk keperluan local, kosongkan saja dulu. Pada bagian Credentials, isikan Username dan Password dari Komputer Remote.


Beberapa konfigurasi lain adalah Resolusi layar yang digunakan, kedalaman warna, mode Full Screen.


Pada tab Session, beberapa konfigurasi lain seperti apakah akan membunyikan suara pada komputer Remote, ataukah pada komputer client.


Tab selanjutnya digunakan untuk memilih folder local (pada Mac), yang akan otomatis dishare pada saat sedang me-remote komputer.

Klik start untuk melakukan Remote Desktop Connection.

Lebih jelasnya dapat Anda simak pada Video berikut.


Semoga bermanfaat, terima kasih.
(z)