8 Alasan Anda Harus Memiliki Website Mobile-Friendly

- April 19, 2015
Website mobile-friendly berbeda dengan website website mobile (tanpa kata ‘friendly’). Kedua jenis website ini memang sama-sama dapat diakses dengan mudah di perangkat mobile. Poin utama yang membedakan adalah website mobile-friendly memiliki alamat URL yang sama dengan website versi desktop-nya, sedangkan website mobile adalah website yang berbeda dari website ‘induk’ Anda.


Oleh karena itu, website mobile-friendly dipilih karena memang lebih ringkas, artinya Anda tidak perlu memiliki dua versi website (desktop dan mobile) agar bisa diakses dengan baik oleh kedua jenis perangkat tersebut. Jadi, secara sederhana, dapat dikatakan bahwa website mobile-friendly menjamin tampilan sempurna di seluruh perangkat mobile dan desktop tanpa melupakan kemudahan aksesnya.

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk memiliki website mobile-friendly. Percayalah, Anda akan mendapatkan keuntungan yang belum pernah Anda bayangkan hanya karena memiliki website mobile-friendly. Berikut kami hadirkan 8 alasan mengapa Anda harus memiliki website mobile-friendly sekarang juga. Atau, setidaknya, lebih cepat lebih baik.

1. Penggunaan Perangkat Mobile sedang Meningkat

Alasan pertama mengapa Anda harus memiliki website yang mobile-friendly adalah penggunaan piranti mobile saat ini sedang meningkat. Ya, popularitas piranti mobile sedang tinggi-tingginya pada saat ini. Di Amerika Serikat saja, 58% warga dewasanya memiliki smartphone. Angka ini bisa jadi lebih tinggi di Indonesia. Coba lihat di sekitar Anda, hampir semua orang sudah menggunakan smartphone, bukan? Nah, orang-orang ini adalah pangsa potensial  website mobile-friendly Anda, dan kami mengerti bahwa Anda tidak akan menyiakannya begitu saja.

2. Tren Belanja Online sedang Berlangsung

Belanja secara online saat ini sedang nge-tren karena lebih praktis. Anda tinggal membuka website-nya, memilih barang yang diinginkan, melakukan pembayaran, kemudian barang akan dikirimkan ke rumah. Menurut statistik yang dilansir PewInternet.org, 80% pelanggan menggunakan smartphone untuk berbelanja secara online. Ketika mereka berbelanja ke toko di hari libur, 70% pelanggan tetap menggunakan perangkat mobile – biasanya hanya sekedar untuk mencari informasi. Jika Anda memiliki website yang mobile-friendly, bisa jadi website Andalah yang akan menjadi tujuan mereka.

3. Media Sosial Menjaring Pengunjung Mobile


Ke mana pengunjung akun media sosial Anda akan diarahkan? Anda harus mengarahkan pengunjung ke media sosial Anda ke website yang sudah mobile-friendly. Saat ini, 55% konsumsi penggunaan media sosial terjadi pada perangkat mobile. Apabila mereka mengakses tautan website yang Anda bagikan melalui smartphone, mereka akan dihitung sebagai pengunjung mobile. Jangan sia-siakan kesempatan ini karena mereka bisa saja langsung keluar dari website Anda hanya karena desain website Anda belum mobile-friendly.

4. Website Mobile-Friendly Turut Menaikkan Peringkat di Mesin Pencari

Trafik yang masuk ke website mobile-friendly dapat menaikkan peringkat performa website Anda di mesin pencari. Bagaimana bisa? Jika website Anda hanya memiliki satu URL saja, pengunjung yang masuk melalui smartphone akan tetap dihitung berkunjung ke website Anda. Selain itu, website mobile-friendly akan membuat Anda up-to-date dengan algoritma Google terbaru, sehingga website Anda dapat tampil lebih baik di mesin pencari.

5. Tampil di Perangkat Mobile & Desktop dengan Baik


Terima kasih kepada desain responsif yang dimiliki oleh website mobile-friendly. Dengannya, website Anda dapat ditampilkan secara sempurna di segala perangkat, mobile maupun desktop. Tampilan apik akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung website Anda. Kalau mereka, pengunjung website Anda, di tahun 2015 masih perlu scroll ke segala arah untuk melihat informasi di website Anda, itu artinya Anda ketinggalan jaman.

6. Lebih Mudah Mengurus Satu Website

Menggunakan website mobile-friendly artinya Anda hanya perlu mengurus satu website. Ya, satu website untuk semua karena memang dapat ditampilkan dengan baik pada perangkat apapun. Hal ini tentu berbeda dengan website mobile. Seperti yang diketahui, website mobile terpisah dari website versi desktop, dan Anda perlu memperbarui keduanya apabila ada yang perlu ditambahkan. Lebih merepotkan, bukan? Untuk mempermudah, Anda perlu membuat website mobile-friendly.

7. Pengalaman Pengguna Lebih Baik

Website mobile-friendly menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, pengunjung tidak perlu zoom in, zoom out, maupun geser ke kanan dan ke kiri hanya untuk mendapatkan informasi di website mobile-friendly Anda. Sebagai hasilnya, pengalaman pengguna yang baik dapat meningkatkan konversi pada website dan mengurangi angka rasio pentalan (bounce rate).

8. Smartphone Digunakan dalam Aktivitas Apapun

Hal ini berkaitan dengan tren smartphone yang meningkat tajam dalam beberapa waktu belakangan. Apapun aktivitasnya, saat ini orang-orang memiliki kecenderungan lebih besar untuk menggunakan smartphone. Ketika sedang nongkrong bersama teman, misalnya. Pasti ada waktu ketika kumpulan itu terdiam dan asik dengan smartphone masing-masing. Bahkan, kami dengar, 75% orang Amerika menggunakan smartphone ketika berada di (maaf) kamar mandi. Mengapa tidak memanfaatkan hal ini untuk bisnis Anda? Bisa jadi mereka malah mengakses website mobile-friendly Anda, dan bukan yang lain.

Dicopas dari sumber


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search