Rahasia Besar Rating Driver Gojek - zdienos blog - catatan pribadi dan sedikit tutorial

Rahasia Besar Rating Driver Gojek

- July 07, 2016
Kalau dilihat dari judulnya, sepertinya saya telah mengungkapkan suatu Konspirasi yang sangat besar antara Driver GoJek, PT GI, dan Staff IT Gojek. Padahal ini cuma hitungan sederhana Excel menggunakan fungsi rata-rata (=Average(cell)).

Yupss, kenapa rating Driver Gojek kadang naik sendiri dan bisa lebih parah, bisa turun drastis, walaupun tidak 'narik'.
Begini, konsumen GoJek, tidak mutlak harus memberikan Rating pada driver setelah driver menyelesaikan tugasnya, entah itu GoRide, GoFood, dan Go-Go lainnya. Dari informasi Broadcast pesan GoBis, bahwa Rating yang tampil di aplikasi GoBis itu adalah rating rata-rata selama 2 pekan (14 hari).

Jika konsumen memberikan rating, maka nilai rating akan otomatis berubah, sesuai rata-rata total rating selama 14 hari, dan informasi rating ini akan tampil di aplikasi GoBis, setelah 3 hari kemudian.

Untuk nilai Rating Bintang Driver, angkanya adalah sesuai gambar berikut:

Dan untuk simulasi rating orderan, bisa dilihat pada gambar berikut :


Penjelasan

1. Anggap sehari Anda menyelesaikan 1 (satu) orderan saja
2. Anda bekerja dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 7 (hingga tanggal 20, Anda gak terima order misalnya)
3. Sesuai dengan BroadCast pesan GoBis, bahwa rating yang tertera di aplikasi driver adalah rating 2 minggu terakhir.
4. Kondisi di atas adalah kondisi di mana konsumen langsung memberikan rating pada hari itu juga setelah orderan selesai (completed)

Jadi, misalnya Anda gak terima order dari tanggal 7 sampai tanggal 14, maka rating Anda adalah tetap, yakni 4.28.
Seperti saya jelaskan kondisi di atas, Anda tidak narik sampai tanggal 20, nah, pada saat tanggal 16, Anda coba LogOut dan LogIn kembali ke Gobis, walhasil, rating Anda anjlok menjadi 4.00. Yahh, masih 4.0, masih amanlah menurut Anda.
Pada tanggal 19, Anda coba LogIn kembali ke GoBis, dan betapa kagetnya Anda, Anda tidak narik, dan rating Anda anjlokk sampei ke 3.5. Kok bisa? Yupss, karena sesuai aturan rating, adalah rata-rata rating selama 14, jadi yang dihitung GoBis adalah rating pada tanggal 6 dan 7 saja ((2+5)/2 = 3.5).

Anda pasrah, karena kondisi masih sakit atau mudik misalnya, Anda tetap nggak narik. Keesokan harinya, tanggal 20, Anda coba login, dan betapa gembiranya Anda, karena rating tiba-tiba naik menjadi maksimum (5). Anda jadi semangat lagi nih.

Tanggal 21, Anda menyelesaikan satu orderan, dan si Customer memberikan rating 3 bintang, dengan komentar Good, SignOut kemudian SignIn kembali, Anda lihat rating Anda Anjlok menjadi 3, Pingsanlahh Anda.... !!

Kesimpulan

1. Berikan pelayanan terbaik, karena sudah sering saya mendapati feedback saya komentarnya Bagus, tetapi dikasih bintang 2. hadehhh.
2. Jika mendapat order GoRide, di perjalanan, lakukan edukasi singkat kepada customer tentang pentingnya rating bagi Driver, jangan cuma komentarnya aja, tetapi BINTANG nya juga sangat perlu.



Mudah-mudahan bermanfaat
Terima Kasih

(z)

3 comments

avatar

Bintang 5 kok gak dapat apa-apa.

avatar

Pengalaman saya pernah di kasi rating bintang 1, hanya karena alasan saya putus lampu, dan orderan masuk jam 10 malam, waktu orderan masuk saya lagi isi bensin (antrian di spbu) dan si cust ngak sabaran, setelah saya antar di tujuan, yah, nasib naas saya di kasi rating bintang 1, dan di comentar (terlalu banyak alasan driver nya),,, semoga cust seperti itu cepat dapat hidayah. ..

avatar

masih mending, saya komentar baguss, tetapi bintang 2, hahahahahh


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search