Cek Informasi RAM di Laptop Linux Ubuntu

- Oktober 02, 2023
mencari-informasi-ram-di-linux
Hari ini, coba-coba hitung berapa lama sih saya tidak buat postingan blog, dengan postingan terakhir di tanggal 25 Februari 2021 hingga per postingan ini saya publish, berarti sudah ada sekitar 31 bulan lebih (detailnya bisa lihat di gambar, hitungnya pakai kalkulator online, banyak kok di internet). Gimana yah, cara mengembalikan mood untuk buat postingan lagi?

mencari-informasi-ram-pada-laptop

Oh iya, ini sekali lagi buat catatan, rencana mau upgrade RAM Laptop yang digunakan, tetapi karena menggunakan linux, jadinya agak sulit mengetahui dan memastikan type ram yang cocok terkait laptop yang saya gunakan. Kalau menurut manual book produk nya sih, SODIMM DDR4 3200MHz, dengan maksimum per slot adalah 8GB, berarti totalnya bisa jadi 16GB.

Kebutuhan RAM Yang Lebih Besar

Kenapa sih butuh RAM gede?, 8GB gak cukup?, kalau menurut pemakaian saya selama ini yang sehari-hari buka tab Chrome banyak, aplikasi yang dibuka juga banyak seperti VSCode, Navicat, Terminal dll,  itu adalah masih kurang. Dapat dilihat pada plugin docklet yang saya gunakan di linux, selalu lebih dari 90%, itupun setelah saya batasi penggunaan  ram hingga 90% saja.

kebutuhan-ram-yang-lebih-besar

Balik lagi ke pemilihan RAM, kalau di MS Windows, tinggal pakai aplikasi CPU-Z, semua informasi terkait RAM bisa terpampang jelas di sana. Karena saya menggunakan linux, kebetulan ada aplikasi yang fungsinya mirip, yakni CPU-X. Selain CPU-X, ternyata bisa via terminal juga (seperti biasa). Berikut ini aplikasi yang saya gunakan untuk mencari informasi terkait ram di Linux Ubuntu Budgie yang saya gunakan sebagai daily driver (hadeh, istilahnya).

Terima kasih
(z)


EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search