7 Hal Penting dalam Mendesain Blog

- Maret 07, 2013
7 Hal Penting dalam Mendesain Blog - Konten adalah rajanya Blog, memang benar sih. Tetapi, bagaimanapun juga pengunjung atau visitor menilai suatu blog atau website juga pada desain blog itu sendiri. Blog dengan desain yang bagus, biasanya memiliki daya tarik yang lebih dibanding dengan desain yang asal-asalan. Berikut beberapa hal penting dalam desain blog.


1. Look and feel

Keseluruhan tampilan blog Anda adalah sangat penting. Pemilihan tema harus ditentukan berdasarkan target visitor blog Anda nantinya. Misalnya, untuk karakter visitor teknikal, tentunya sangat memperhatikan hal-hal detail. Maka, sebaiknya desain Blog menampilkan tema yang simple dan plain (kayak Band). Namun, desain blog yang lebih berwarna (colorful) dan kompleks juga sangat seusai untuk orang-orang yang artistik. Yang paling penting tentunya adalah menu Navigasi, sehingga visitor Anda tidak "kehilangan jejak" ketika mengunjungi Blog Anda.

7 Hal Penting dalam Mendesain Blog




2. Kategori

Pastikan untuk memasukkan semai topik-topik utama pada daftar kategori Anda. Sebaiknya membuat sub-sub kategori. Dan kalau bisa, jangan membuat banyak kategori, karena hanya akan membuat bingung pengunjung ataupun pembaca blog Anda.

7 Hal Penting dalam Mendesain Blog



3. Komentar terakhir

Rata-rata blog memiliki tempat untuk berkomentar, yang memungkinkan para pengunjung untuk memberikan tanggapan atas apa yang Anda tuliskan/posting. Karenanya, sangat-sangat disarankan untuk menambahkan widget Blog untuk Komentar Terakhir. Ini akan menguntungkan visitor, karena mereka secara langsung akan mengetahui diskusi atau tanya jawab yang sedang aktif pada blog Anda, dan tentu saja, mereka akan tertarik untuk ikut "nimbrung" di dalamnya.

7 Hal Penting dalam Mendesain Blog



4. Blog roll

Blogging adalah bagaimana saling berbagi dan berbalasan. Karenanya, sangat penting untuk menambahkan suatu Blog Roll untuk saling terhubung dengan para "pemain" lainnya. Link ke blog lain akan menambahkan relationship dan tentu saja, nilai tambahnya adalah, link back ke Blog Anda.

7 Hal Penting dalam Mendesain Blog




5. Search box

Cara cepat bagi visitor untuk mencari artikel atau materi yang diinginkan. Jangan lupa yang satu ini, tambahkan Search Box pada blog Anda.

7 Hal Penting dalam Mendesain Blog




6. Langganan Email (subscription)

Salah satu fitur dari Blog adalah adanya RSS Feed. Tetapi, tidak semua fitur ini dibutuhkan oleh visitor atau pembaca blog Anda. Kadang masih ada visitor yang hanya mau menerima update artikel/postingan melalui email. Jadi, pastikan fitur Email Subscription sudah terpasang di blog Anda.

7 Hal Penting dalam Mendesain Blog



7. Komentar

Pastikan fitur ini aktif dan bekerja dengan baik pada Blog Anda. Baiknya Anda segera membalas jika terdapat komentar terbaru. Kalau bisa sih, tidak usah pake Captha, atau validation tools, karena akan membuat visitor menjadi malas untuk berkomentar

7 Hal Penting dalam Mendesain Blog


Tulisan di atas cuma catatan saja yah, saya saja tidak menggunakan itu semua. Hehehehe...

(z)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search