Intel Haswell, Generasi ke-4 Processor Intel Core

Intel Haswell, Generasi ke-4 Processor Intel Core - Anda pasti sudah merasakan, atau mungkin pernah mendengarkan kehebatan prosesosr dari intel baik dari seri Sandy Bridge dan Ivi Bridge. Seperti yang kita ketahui , Intel sepertinya akan meneruskan prosesor dengan nama seri Intel Core. Sebagai bagian keluarga terbaru dari seri Core, Intel merilis Arsitektur terbaru untuk rangkain prosesor mereka. Haswell merupakan nama yang diberikan untuk rangkaian Arsitektur Prosesor terbaru mereka setelah Sandy Bridge dan Ivi Bridge. Arsitektur Prosesor Intel iCore Haswell ini masuk kedalam jajaran keluarga prosesor 22nm dan akan digunakan dalam Seri i3, i5, dan i7 terbaru mereka.

Intel Haswell, Generasi ke-4 Processor Intel Core


Haswell adalah prosesor komputer dan laptop yang akan melanjutkan sukses seri prosesor Intel Core Generasi Ketiga (Ivy Bridge) yang beredar saat ini. Haswell mengusung efisiensi daya yang lebih tinggi dan peningkatan performa grafis dibanding pendahulunya.

Di dalam rangkaian terbaru mereka ini, Intel menjanjikan bahwa seri terbaru mereka ini akan menjadi lebih baik dibandingkan para pendahulunya baik dari seri Sandy Bridge, Ivi Bridge dan sudah pasti akan menjadi lebih baik di banding nenek moyangnya Haswell, seri Pentium. Beberapa hal yang dijanjikan adalah berkurangnya faktor panas yang dihasilkan oleh prosesor Intel seri Haswell, dengan ini pastinya akan memperbaiki kinerja dari prosesor yang sedang bekerja. Karena berkurangnya faktor Panas yang dikeluarkan, faktor penggunaan listrik akan menjadi sangat berkurang.

Intel Haswell, Generasi ke-4 Processor Intel Core

Varian pertama Haswell diperkirakan bakal dilengkapi empat inti serta ditujukan untuk laptop kelas high-end. Apabila efisiensi dayanya mencukupi, Haswell quad-core boleh jadi akan dipakai di laptop mainstream. Ada juga produk-produk laptop tipis dan ringan yang akan diuntungkan oleh efisiensi daya Haswell, termasuk bikinan Apple Inc.


Konsumsi Energi Listrik

Saat jaman nya Intel masih menggunakan seri Pentium, Intel sering tertinggal dibandingkan dengan AMD. Hal ini diakibatkan adanya stigma bahwa Intel lebih boros energi dibandingkan dengan prosesor AMD. Tetapi hal ini ada benarnya juga, karena dijaman konsumsi energi untuk 1 buah prosesor masih cukup sangat besar, berada di atas 50W untuk seri pentium 4. Besarnya konsumsi energi ini, membuat penggunaan energi menjadi tidak sangat efisien. Untuk itu mereka mengembangkan terus Arsitektur terbaru mereka, yang bekerja untuk menghemat penggunaan energi listrik. Saat ini seri Mobile mereka sudah mampu mencapat penggunaan energi sampat 35 – 45 Watt. Seri ini digunakan untuk seri Prosesor Mobile mereka, seperti yang sudah bisa kita rasakan di rilis Ultrabook. Ultrabook, sudah mampu kita gunakan lebih dari 5 Jam penggunaan Baterai. Hal ini bisa kita rasakan karena Arsitektur Ivi Bridge yang dipasang di Prosesor iCore. Dan kali ini target mereka mencapai tingkat penggunaan energi listrik hanya di 10 – 20 watt. Mungkin hal ini bisa dicapai nanti oleh rilis – rilis selanjutnya dari Aristektur Haswell. Karena  Haswell sendiri masih menggunakan energi disekitaran 35 watt.

Penggunaan energi yang lebih kecil, tentunya akan berimbas pada faktor penggunaan lainnya. Contohnya penggunaan energi baterai yang lebih sedikit, dan akibatnya proses penggunaan Laptop atau Notebook dan Ultrabook menjadi lebih lama. Selain itu pengguna akan merasa lebih nyaman, karena Panas yang dihasilkan dari prosesor menjadi lebih sedikit. Hal ini pun disebabkan karena berkurangnya energi listrik oleh Prosesor Haswell.

Intel Haswell, Generasi ke-4 Processor Intel Core

Kemampuan Graphics yang Lebih Baik

Kemampuan Graphics dari Intel dikenal sangat buruk, karena itu kita memerlukan penggunaan VGA card tambahan jika menginginkan Graphics yang lebih baik. AMD menikmati kekurangan dari Intel ini, dengan merilis seri Prosesor yang memiliki kemampuan lebih baik dalam mengolah grafis. Salah satu yang sudah kita rasakan adalah Arsitektur Sandy Bridge yang menggunakan Intel HD Graphics. Intel HD Graphics ini bekerja untuk mengolah Graphics yang lebih baik. Di Sandy Bridge menggunakan Intel HD Graphics seri 3000, sedangkan Seri 4000 bisa kita nikmati di seri Ivy Bridge. Diseri Haswell ini, Intel tidak lupa menggabungkan dengan Intel HD Graphics terbaru. dengan ini Haswell pasti memiliki kemampuan lebih baik dalam mengolah Graphics. Intel Hd Graphics seri Sandy Bridge, memiliki 16 execution Unit dengan kecepatan 1.150 MHz  sedangkan Haswell memiliki 40 Unit dengan kecepatan 1300 MHz. Jelas dengan perbedaan ini Haswell memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan dengan seri Sandy Bridge dalam mengolah Grafis. Seri ini dinamakan sebagai Intel HD Grafis 5000.

Perubahan–perubahan lainnya dari Haswell ini terdapat instuksi dari Chip nya sendiri, yang mendukung platform Parallel dengan lebh baik. Jadinya pemanfaatan Arsitektur Haswell kedalam arsitektur parallel untuk superkomputer akan menjadi lebih baik, hal ni juga karena didukung oleh Intel yang merilis Librari atau SDK untuk memanfaatkan prosesor mereka menjadi HPC atau High Performance Computer. Sayangnya, berbarengan dengan lahirnya Arsitektur baru ini mengkibatkan lahirnya jenis socket baru LGA 1150. Jenis socket ini lah yang digunakan oleh Haswell, dan tidak compatible dengan jenis socket sebelumnya. Karena itu jika ingin menggunakan Haswell kita harus menggunakan jenis Motherboard baru, tidak bisa menggunakan Upgrading.


sumber:
tekno.kompas.com
jagadreview.com