Bypass Verifikasi Akun Google pada Samsung J5

Lupa akun Google yang "melekat" pada perangkat Android Samsung J5? Jangan khawatir, pada postingan kali ini, penulis akan coba share cara Bypass Verifikasi Akun Google pada Samsung J5. Kenapa sih akun Google tidak bisa hilang begitu saja pada Smartphone? Padahal sudah dilakukan Factory Reset, bahkan Wipe data/cache.


Penyebabnya adalah FRP. Apa itu FRP? FRP atau Factory Reset Protection merupakan sistem perlindungan terbaru Android (mulai dari 5.0.1/lollipop), dimana perangkat android akan meminta akun verifikasi google (email/sandi) sesaat setelah selesai melakukan setelan ulang pabrik, flash/install ulang rom. Akun verifikasi yang diminta untuk dimasukkan kembali bukanlah sembarang akun, melainkan akun yang terakhir kali dikenali perangkat android / akun sebelumnya. Jika tidak mengingatnya, maka perangkat tidak bisa diakses kembali.

Fitur ini hampir sama sistem keamanan iCloud milik iOS, jika seseorang tidak mengingat / tidak dapat mengakses akun yang digunakan pada perangkat tersebut, maka ponsel tersebut tidak akan bisa digunakan.

Ada dua metode yang dapat dilakukan untuk bypass verifikasi akun Google, khususnya pada Samsung J5 (mungkin bisa pula pada seri J lainnya). Yakni melalui kabel USB OTG dan metode SideSync. Tetapi karena penulis tidak punya USB OTG, maka metode yang akan saya jelaskan adalah metode SideSync.

Apa Saja yang Dibutuhkan?

Sebuah PC/Laptop dengan sebuah kabel data USB
Buat akun samsung mobile kalau belum punya (https://account.samsung.com/membership/signUp.do)
Download aplikasi SideSync lalu instal pada PC/Laptop Anda
Jaringan internet

Langkah-langkah Bypass Verifikasi Akun Google

#01. Nyalakan smartphone hingga tampilan welcome screen, hingga untuk koneksi internet. Jika sudah konek internet, maka akan tampil login untuk memasukkan Akun Google.

#02. Jalankan aplikasi SideSync, kemudian tancapkan kabel data ke smartphone.


#03. Akan tampil menu slideup, pilih BrowserChrome, kemudian download aplikasi account.apk dengan mengetikkan alamat berikut pada address bar Chrome (https://goo.gl/47S8aM).




#04. Selanjutnya, cabut dan pasang kembali kabel data (USB), sehingga kembali tampil menu slideup, tetapi kali ini pilih GalaxyApp. Kemudian pada menu search, cari aplikasi ES File Explorer, lanjutkan dengan menginstall. Silahkan login menggunakan akun samsung yang sudah dibuat tadi.



#05. Setelah proses instalasi, buka aplikasi ES File Explorer, kemudian cari file yang telah didownload tadi (biasanya di folder download), jalankan aplikasi bypass.apk, pastikan pula untuk meng-enable Unknown Resource pada menu setting.



#06. Setelah terbuka, pilih menu Backup and Reset > Factory Reset > DELETE ALL.



#07. Smartphone akan reboot, dan proses reset berlangsung. Silahkan tunggu hingga tampil Welcome Screen, seharusnya sekarang sudah tidak meminta akun Google lagi.


Catatan : Metode ini hanya support pada Samsung J5 (bisa juga seri J lain), dengan OS Android Lollipop (5.0.1). Untuk versi di atas, sudah tidak memungkinkan.

Bagi yang memiliki USB OTG, bisa mengcopy file bypass.apk ke USB, colok kemudian instal lalu ikuti langkah selanjutnya seperti di atas.



Semoga bermanfaat, terima kasih
(z)