Membuat Library Export Excel di Codeigniter

- January 13, 2021
Lagi belajar membuat Library untuk Export ke Excel. Kok bikin? di github kan banyak yang sudah jadi? Entahlah, mungkin lagi males saja nyarinya, atau library yang ada di luar sana terlalu kompleks. Lah, kalau library yang di luar sana terlalu kompleks, berarti punya saya?? Iya, sederhana kok, yang penting bisa menghasilkan file excel (.xls atau .xlsx), dan saking sederhananya, cuma terdiri dari beberapa parameter mandatory yang dibutuhkan. Untuk versi ini, cuma membutuhkan data yang berbentuk array sebagai parameter, dan tipe excel yang diinginkan, bisa Excel 2003 (xls) ataupun Excel 2007 (xlsx) dan csv. 
membuat-library-export-excel-di-codeigniter

Jadi sebenarnya ini bukan buat dari awal loh yah, karena saya hanya rangkum biar lebih mudah dan gampang pakenya, cukup dependency dari PHPExcel (yang sudah diarsipkan, karena sudah usang kali ya), ataukah karena saya yang masih pakai PHPExcel, yang sebenarnya sudah digantikan oleh PHPSpreadsheet. Terus, bedanya apa dong?, yaa gak ada bedanya, cuma jadi lebih simple saja, tinggal masukkan array, jadi deh excelnya, tanpa ribet-ribet tentukan header, lebar kolom, dan sebagainya, begitu sih menurut saya lohh yaa..

Library yang saya buat ini ada di github, silahkan cek di github

Cara Penggunaan

Copy dulu file PHPExport.php ke folder library Codeigniter (v3), kemudian load library ini di function Construct.
public function __construct() {		
   $this->load->library('PHPExport');  
   $kode->lain->di->sini; 
}
Selanjutnya sediakan array bisa dari result db ataupun array lain.  Kemudian masukkan eh, array tersebut ke class PHPExport, mungkin seperti begini lah nanti jadinya:
public function export() {		
   $data_set  = $this->db->get('tabel_karyawan')->result();  
    $exportExcel= new PHPExport; 			
    $exportExcel
	->dataSet($data_set)
	->rataTengah('4,5')
	->rataKanan('13')
	->warnaHeader('2,218,240','FFFFFF')
	->excel2003('Datakaryawan-'.date('YmdHis'));		
    }
}

Sedikit Dokumentasi

Method dataSet($array), inilah mandatory alias wajib, di mana parameternya membutuhkan sebuah array asosiatif yah, kalo gak salah namanya.

Method rataTengah('x,y,z'), optional, berfungsi untuk menentukan field/kolom mana saja yang berformat center alias rata tengah (x,y,z adalah nomor kolom atau field, tentunya "dimulai dari 0 yah")

Method rataKanan('x,y,z'), optional, gak usah saya jelaskan, miriplah dengan rataTengah.

Method warnaHeader('R,G,B','HEX RGB'), optional juga, untuk mengatur warna header dan warna font, formatnya bisa RGB ataupun format Hex RGB, mudah-mudahan kita sepaham yah. Oh iya, untuk warna pertama itu adalah warna background header, dan warna kedua adalah warna font header.

Method excel2003('namafile'), mandatory, untuk menentukan hasil output excel untuk versi 2003 ke bawah, dengan menambahkan parameter nama file. Jika menginginkan format excel 2007 ke atas, maka gunakan method excel2007('namafile')

Method csv('namafile'), jika menginginkan output berupa CSV, bisa juga menggunakan method ini.

Itu saja yah, mudah catatan tentang Membuat Library Export Excel di Codeigniter ini bisa bermanfaat, khususnya bagi saya pribadi. 

Terima kasih 
(z)


EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search