Mencoba Firefox Quantum - Apa yang Terbaru?

Pantas saja koneksi internet cukup menyedot bandwidth, ternyata firefox lagi otomatis update, ke versi terbaru, versi 57.0.

Apa sih yang terbaru dari FireFox 57 ini?



Quantum

Ya, FireFox versi 57.0 sudah memiliki code name, namanya juga keren, sama persis dengan merek harddisk jaman dulu, Quantum, dengan warna logo yang lebih saturasi



Performance

Secara performa, FireFox Quantum lebih cepat, tampilan lebih nge-jreng, scrolling lebih halus, dan lebih responsive ketika berpindah-pindah tab. Desain juga lebih flat, dan kayaknya agak lebih lega dibanding yang terdahulu.

Page Action Menu

Dengan page action menu, semua kebutuhan anda akan ada di menu ini, save, share, mem-bookmark website, bahkan copy email link dan screenshoot, yang paling canggih, bisa Send Tab yang dibuka ke Device lain.


Library

Ada menu baru yang muncul, yakni Library, jadi di sini semua akan tersimpan, baik itu history, bookmark, pocked list dan synced-tab.



Screenshots

Ini nih, fitur terbaru juga. Screenshots, jadi kalau mau mengambil tampilan dari halaman web, tinggal memanfaatkan fitur ini saja. Tanpa perlu mendownload lagi adds-on.



Address Bar

Yaa seperti yang sudah-sudah, address bar langsung juga menjadi search box, yang akan terintegrasi dengan mesin pencari default yang sudah disetting sebelumnya.



Customize
Ini juga mungkin fitur yang baru, jadi kita bisa mengatur posisi, atau tombol atau tools apa saja yang ingin ditampilkan dan letaknya, termasuk dengan menggunakan theme.


Sync

Fitur ini sudah ada sejak versi berapa yah? Sudah lupa, jadi dengan memanfaatkan fitur ini, jika Anda menggunakan beberapa perangkat, maka semua history, saved password, bookmark, akan tersinkronisasi secara otomatis terhadap semua perangkat yang kita gunakan.


Semoga fitur terbaru ini lebih bermanfaat bagi pengguna software browser Firefox.

(z)

Latest