Sedikit Tips CodeIgniter

Terlambat? Tidak ada kata terlambat, kata orang-orang di luar sana. Tetapi bagi penulis, ini adalah ketertinggalan yang sangat, di mana developer lain sudah mahir dengan framework, Laravel, node.js dan sebagainya, saya sendiri baru mulai belajar CodeIgniter.

Framework? Makanan apa itu? Framework atau dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai “kerangka kerja” merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga bisa lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programer, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal. Istilahnya sih fungsi-fungsi programnya sudah ada, tinggal digunakan saja.


Apa pula itu CodeIgniter? CodeIgniter adalah sebuah web application network (framework) yang bersifat open source yang digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis. CodeIgniter menjadi sebuah framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP yang dapat mempercepat pengembang untuk membuat sebuah aplikasi web. Selain ringan dan cepat, CodeIgniter juga memiliki dokumentasi yang super lengkap disertai dengan contoh implementasi kodenya.

Saya tidak akan bahas panjang lebar tentang framework dan CodeIgniter pada postingan kali ini. Saya hanya berbagi beberapa pengalaman error pada saat memulai bekerja dengan CodeIgniter dan solusinya.

Belajar yang cepat adalah dengan mempelajari contoh-contoh program yang sudah ada, yakni berupa source code, tinggal copy ke htdocs, buat database, import sql, jadi deh, beres.

"Tidak semudah itu anak muda", berikut ini sedikit pengalaman dan tips tentang CodeIgniter.

Security Notice Common.php Line 257

Error ini terjadi karena versi PHP yang digunakan lebih baru dari versi CodeIgniter, di mana keterangannya mengatakan hanya referensi variabel saja yang bisa di kembalikan pada sebuah fungsi. bukannya mengembalikan fungsi dengan referensi dan variabel (itu mungkin maksudnya)

Security Notice Common.php Line 257

Solusinya cukup membuka file common.php pada folder application/config/, kemudian cari baris 257

Security Notice Common.php Line 257

Ganti menjadi seperti ini

Security Notice Common.php Line 257


Undefined Function base_url

Fungsi base_url() digunakan untuk mendefinisikan path/lokasi dasar (root) dari aplikasi CodeIgniter yang dibuat. Biasanya untuk mengganti template dengan bawaan asset tersendiri. Error ini terjadi karena pada file config belum diaktifkan.


Buka file autoload.php pada folder application/config, cari $autoload['helper'] = array();


Ganti seperti gambar di bawah ini



Automatic Base Url

Pada setiap source CodeIgniter, biasanya kita harus menentukan lokasi webserver (http://localhost) dan path dari aplikasi yang sedang dikerjakan, dengan mendefinisikan lokasi tersebut pada file config.php, di baris berikut
$config['base_url'] = '';
menjadi
$config['base_url'] = 'http://webserverkamu/lokasi';
Saya ada tips, agar tidak perlu lagi mengedit file config.php untuk mendefinisikan lokasi dari webserver dan path aplikasi yang dibuat. Cukup mengganti atau menambahkan script seperti berikut, maka di manapun aplikasi ini dijalankan, maka base_url akan otomatis menyesuaikan.

$lokasi = "http://".$_SERVER['HTTP_HOST'];
$lokasi .= str_replace(basename($_SERVER['SCRIPT_NAME']),"",$_SERVER['SCRIPT_NAME']);
$config['base_url'] = $lokasi;
Demikian sedikit tips tentang CodeIgniter, ini jadi catatan juga buat saya, biar tidak lupa.

Semoga bermanfaat,
(z)