Mau Buat Mining Rig? Jangan Asal Pilih PCI-e Riser

- September 28, 2017
Bagi penggiat cryptocurrency, mining bisa menjadi salah satu cara untuk menambah profit, selain trading dan staking tentunya. Untuk membangun sebuah mining rig, dibutuhkan GPU (VGA Card) dengan spesifikasi yang lumayan tinggi, dan tentunya berdampak pula ke harga GPU itu sendiri.
Semakin banyak GPU yang digunakan, maka semakin tinggi tingkat penyelesaian proses hasing (hashrate), sehingga semakin tinggi pula pendapatan harian yang diperoleh.


Lanjut ke mining rig, bagaimana mungkin sebuah motherboard bisa dipasangkan banyak (lebih dari dua) GPU? Beberapa motherboard memiliki jumlah slot PCI-e (x16) lebih dari satu, sehingga memungkinkan untuk dipasang GPU yang banyak. Tetapi hal itu akan meningkatkan suhu GPU sendiri, karena akan saling "berdesakan" di ruangan casing yang sempit. Terus, bagaimana pula motherboard yang hanya memiliki satu slot PCI-e (x16), tetapi memiliki slot PCI-e (x4) yang berlimpah?. Olehnya itu dikembangkan modul PCI-e Riser, untuk "memanjangkan" jangkauan PCI-e ke GPU nantinya.

Memilih PCI-e Riser tidak boleh sembarangan, di hadapan penulis, sudah hadir PCI-e Riser (1x to 16x). Akan ada empat bagian nantinya yang akan Anda peroleh jika memesan PCI-e Riser.

PCI-e (x1) to USB Module

Modul ini nantinya yang akan dipasang ke motherboard (slot PCI-express x1,x4,x16)

USB to PCI-e (x16) Module


Melalui kabel USB 3, VGA Card akan dipasang di modul ini.

High Quality USB 3 Cable


Digunakan untuk menghubungkan kedua modul di atas

Sata to 6 Pin Power Cable


Sebagai sumber catu data, menggunakan konverter Power Sata ke 6 Pin. Tetapi penulis tidak menyarankan menggunakan sambungan power seperti ini.

Baca Juga : Cara Mudah dan Murah Menambang Bitcoin dengan Processor Jadul

Nahh, dalam memilih PCI-e Riser, pastikan yang memiliki konektor power 6 Pin, bukan model lama yang hanya menggunakan konektor power 4 pin. Kenapa? Karena kebutuhan arus yang besar pada VGA, pada tegangan 12 V (kabel kuning), konektor power 6 pin memiliki 2 kabel tegangan 12 V (kabel kuning), sedangkan pada konektor power 4 pin, hanya memiliki 1 kabel untuk tegangan 12 V.


Oh iya, saya sangat tidak menyarankan untuk menggunakan kabel konverter bawaan PCI-e Riser, karena meskipun menggunakan konektor 6 pin, tetapi itu merupakan hasil konversi dari power sata, yang notabene, hanya menggunakan 1 kabel 12 v (kabel kuning), sehingga arusnya akan menjadi kurang, jadi panas, bahkan bisa hangus nantinya, percalayah. Gunakan Power Supply Unit yang agak lumayan bagus, dan tersedia konektor power 6 pin (biasanya untuk VGA).


Kemudian untuk tipe yang hadir di sini, adalah Versi 006C, dimana pada bagian IC Power, sudah menggunakan 2 buah Elco, dibanding pendahulunya yang hanya menggunakan 1 buah elco. Jadi total Elco yang digunakan adalah 4 buah.


Itu saja yang bisa penulis sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Happy mining
(z)

11 komentar:

  1. langsung colok kan g pake driver

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gak pake driver, sekarang sudah ada yang veri 6, sudah pake 6 elco juga, 4 yang faradnya gede, dan 2 yang kecil

      Hapus
  2. Itu bisa pake main hame juga g sih om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tau, belum pernah coba,
      karena PCI-e dibuat untuk keperluan mining

      Hapus
  3. According to the experts, GPUs have a distinct advantage over the hashing technology of CPU because of their higher processing power. Apart from handling bitcoins, GPUs can also manage the data transfer of crypto-currencies without any problem making it compatible with other applications. antminer s5+

    BalasHapus
  4. I exactly got what you mean, thanks for posting. And, I am too much happy to find this website on the world of Google. cryptomining equipment

    BalasHapus
  5. Gan untuk pcie nya kn g semua laptop sma slotnya gmna cra ngakalinnya, supaya sama dengan slot wifi yg ada di beda2 laptop.

    BalasHapus
  6. Gan kalo PSU ga ada kabel power 6 pin...bisa pake spliter kabel power GPU 8pin female to 2 6+2 male?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa jangan pake convert-convert mas, takut gosong

      Hapus
  7. PSU saya hanya ada power buat GPU 8pin...

    BalasHapus


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search