Fix Problem Zotac 1050 di Hackintosh macOS Sierra - zdienos blog - catatan pribadi dan sedikit tutorial

Fix Problem Zotac 1050 di Hackintosh macOS Sierra

- April 04, 2018
Pada postingan yang lalu, penulis sudah Mencoba GTX 750Ti pada Hackintosh (macOS Sierra). Kali ini mau coba lagi VGA hasil "nemu", yakni ZOTAC 1050, yang pernah penulis review.



Baca Juga : Review Zotac GeForce GTX 1050

Karena pada postingan yang lalu sudah terinstall NVidia Web Driver, jadi penulis berharap, setelah pasang VGA Zotac ini, langsung running, tidak perlu berbuat apa-apa lagi.

VGA pun langsung dipasang, dan coba booting, sukses booting kayaknya, karena tidak ada tampilan Kernel Panic, tetapi anehnya, kedua monitor menjadi kondisi Sleep (no signal). Kenapa penulis katakan sukses booting?, karena kalau pencet-pencet keyboard, ada bunyi-bunyi gitu (notifikasi default macOS).

Curiga penulis adalah pada port Output VGA Zotac 1050 ini, yang terdiri dari 3 Port, DVI-D, Display Port dan HDMI. Kebetulan kedua monitor terpasang pada port DVI-D dan Display Port, tentunya melalui adapter. (belum punya monitor 2K :D). Nah, kecurigaan ini tertuju pada port HDMI, yang kayaknya menjadi default output VGA tersebut.

Solusi

Solusi yang terlama dan termahal adalah denga membeli/mengganti Monitor minimal 2K dengan input HDMI. Tetapi karena penulis mau cepat dan murah, jadilah penulis membongkar kembali konfigurasi Boot Manager Clover.

Karena sudah terlanjur tidak bisa masuk ke desktop (monitor sleep), penulis mencoba mengutak-atik konfigurasi clover di awal menu boot.

Sesaat setelah beep, tekan any key, agar masuk ke Boot Manager Clover Menu, lalu arahkan ke menu Options

Pilih Graphics Injector

Pada InjectNvidia, awalnya tercentang (enable), penulis non-aktifkan (disabled)
Use NVIDIA Web Driver, sudah tercentang, biarkan
Ports, penulis ganti  menjadi 03, yang awalnya hanya 00



Pilih return, lalu Boot

Berhasil, masuk ke desktop dan mendeteksi VGA dengan baik,


Kedua monitor pun terdetek dan berfungsi dengan baik pula.


Final Step

Biar langkah-langkah tersebut di atas tidak perlu dilakukan setiap booting, maka penulis edit file konfigurasi Clover, yang terletak di partisi EFI. Mengubah beberapa key dari true menjadi false pada key Graphics, dan menambahkan key VideoPorts, dengan nilai 3. Mantapp



Coba booting kembali, dan sukses masuk ke desktop. Semoga cara Fix Problem Zotac 1050 di Hackintosh macOS Sierra ini bermanfaat, terima kasih.
(z)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search