Fix Problem PowerPoint Attachment Corrupt

- May 02, 2018
Hari ini ada teman bawa Laptop mengeluh, katanya file presentase yang dikirim lewat internet tidak bisa dibuka, corrupt katanya. Pikir penulis, paling install ulang Microsoft Office, beres, selesai masalah. Tetapi anehnya adalah, setelah penulis membuka aplikasi PowerPoint, program terbuka dengan normal, bisa save dan sebagainya.

Penulis pun mencoba lagi membuka PowerPoint dan membuat satu file presentase, save, lalu tutup aplikasi PowerPoint, dan buka kembali, buka lagi file yang sudah dibuat tadi, hasilnya....., BISA TERBUKA saudara-saudara...!

Lahh, errornya di mana? Oke, file yang penulis buat tadi, coba jadikan lampiran (attachment) pada draft email, lalu kembali didownload attachment draft tadi, ini baru draft loh, hasilnya adalah...., TIDAK BISA TERBUKA... Penulis pun mencoba menggunakan internet browser yang lain, FireFox, yang di awal percobaan tadi menggunakan Chrome.

"Masalah di mana ya?" gumam penulis (hahaha, kaya' buku cerita saja),  ahhh, penulis coba update browser Chrome dan FireFox, lalu kembali mendownload attachment draft email. SAMA SAJA, tetap Corrupt, kata si PowerPoint.

Berarti kesimpulan yang bisa diambil sementara adalah, file via internet tidak bisa dibuka, kalau file dari lokal atau via flashdisk, normal-normal saja.

SOLUSI

Kayaknya ada masalah di PowerPoint atau masalah security dari PowerPoint, yang secara DEFAULT, tidak mengizinkan untuk membuka file-file dari internet. Saatnya penulis buka-buka menu yang jaraaaang sekali dibuka. Dan hasilnya didapatlah menu security yang berada di File -> Options




Lalu buka menu Trusted Center -> Protected View

Matikan ceklis security Protected View, lalu klik OK.



Selanjutnya buka kembali file presentasi, harusnya sih sudah bisa terbuka.

Mudah-mudahan pengalaman Problem PowerPoint Attachment Corrupt ini bisa bermanfaat, terima kasih.
(z)



EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search