Linus Torvalds Ternyata tidak Suka Debian atau Ubuntu - zdienos blog - catatan pribadi dan sedikit tutorial

Linus Torvalds Ternyata tidak Suka Debian atau Ubuntu

- September 18, 2018
Debian atau turunannya yakni Ubuntu, adalah distro yang paling populer menurut situs distrowatch selama beberapa tahun. Kepopuleran Ubuntu dikarenakan karena adanya dukungan yang sangat banyak dari komunitas dan disediakannya update berkala untuk setiap versi Ubuntu yang telah dikeluarkan (Long Term Support)


Pendiri kernel linux, Linux Torvalds, tidak menyukai Debian, dalam berbagai interview, Linux Torvalds menyatakan bahwa dia lebih memilih Fedora pada mesin yang dia gunakan. Ditanya alasan kenapa tidak menyukai distro populer Linux Debian (Ubuntu), jawabannya karena adanya pengalaman yang tidak menyenangkan saat instalasi menggunakan Debian Linux di masa lalu.

Selama kurang lebih 5 tahun, Linux Torvalds bekerja tanpa lelah membuat linux agar lebih efisien dan user-friendly. Hasilnya sekarang, sudah begitu banyak pecinta open source yang menghasilkan berbagai macam distro linux yang melayani berbagai macam pengguna.
Linux kernel merupakan kunci dari system operasi open source, termasuk Androidnya Google. Tetapi, sebenarnya sistem operasi manakah yang digunakan sang kreator Linux (kernel) tersebut?

fossbytes.com

Mungkin ada yang tidak tahu, kalau ternyata Linus lebih menyukai Fedora pada semua perangkat komputer yang dimiliki, dan juga pendapatnya tentang sistem operasi desktop linux populer di dunia, terutama Debian dan turunannya (Ubuntu).

Pendapat Linus Torvalds terhadap Debian

Linus menganggap Debian sulit untuk diinstal, hal ini dia katakan pada wawancara di tahun 2007 dan tahun-tahun setelahnya dia masih mengucapkan hal yang sama. Wawancara lain, Linus berbicara tentang Ubuntu Linux, menurutnya Debian terlalu bersifat teknis, dia mengapresiasi Ubuntu yang telah membuat Linux lebih familiar pada pendatang baru dari Windows dan OS X. Tetapi, Linus tetap memilih Fedora dibanding Ubuntu.

Baca juga : Cara Membuat Aplikasi Winbox di Linux Deepin

Linus berkata:
"Saya telah mencoba Ubuntu beberapa kali, dikarenakan Ubuntu sudah sangat bagus, sehingga bisa membuat Debian lebih dapat digunakan" 
Dalam beberapa tahun terakhir, Debian telah bekerja keras untuk membuat instalasi yang lebih mudah, dengan memberikan pilihan grafis, teks bahkan berupa speech synthesis.

Distro Linux apa yang kamu sukai? silahkan beri komentar pada kolom komentar di bawah ya :D

sumber: fossbytes.com


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search