Cara Membuat Custom Domain Blogspot menjadi HTTPS - zdienos blog - catatan pribadi dan sedikit tutorial

Cara Membuat Custom Domain Blogspot menjadi HTTPS

- September 16, 2018
blog.zdienos.com baru sebulan mengaktifkan fitur secure connection atau biasa disebut https. Loh kok baru sekarang? Berbeda dengan hosted blog, https pada custom domain harus diaktifkan secara manual.


Iya, karena ada ketakutan kalau nantinya akan tidak kompatibel dengan webhosting yang penulis gunakan yakni IDwebhost. Tetapi setelah mengecek cpanel dan bertanya kepada tim support idwebhost, ternyata ada SSL gratisan yang disediakan yakni Let Encrypts  SSL.

Cara Custom Domain HTTPS pada Platform Blogspot

Cara Custom Domain HTTPS pada Platform Blogspot

Keuntungan Menggunakan SSL pada Blog/Website

Kenapa sih harus https? secara visitornya juga tetap sama kok :D, itu sih pendapat penulis dulu tetapi ternyata tidak tepat (bukan salah sih). Dengan memanfaatkan SSL (https) maka :

Cara Custom Domain HTTPS pada Platform Blogspot

  • Blog atau website Anda akan terlihat lebih profesional
  • Sertifikat SSL akan mengamankan koneksi antara pengunjung dan blog/website itu sendiri
  • Jika menggunakan Cloudflare SSL, akan sangat berguna terhadap Content Delivery Network, sehingga blog/website akan loading dengan cepat
  • Menggunakan HTTPS, katanya sih akan meningkatkan pencarian di Google dan search engine lainnya
HTTPS akan meningkatkan rangkin SERP, dan Google akan merangking 30% website pada halaman pertama yang telah menggunakan SSL (https).

Kekurangan Menggunakan SSL pada Blog/Website

  • Saat migrasi (seperti yang penulis alami) dari HTTP ke HTTPS, trafik akan turun drastis untuk beberapa hari, sampai Google merambah (crawl) dan mengindeks semua URL dengan protokol yang baru, HTTPS.
  • Sekali migrasi ke HTTPS, tidak akan bisa menghapus HTTPS, dan jika berhasil menghilangkan, akan sangat berdampak pada visitor dan bisa saja Google akan meng-deindeks blog atau website Anda.

Cara Migrasi dari HTTP ke HTTPS pada Platform Blogspot

Seperti yang penulis katakan di awal postingan, bagi website/blog hosted domain (yang nebeng ke blogspot), maka fitur https akan otomatis aktif secara default. Cara ini adalah untuk Anda yang memiliki blog/website dengan custom domain.
Cara mengaktifkan ke HTTPS cukup login ke dashboard blogger, pilih menu setting
Cara Custom Domain HTTPS pada Platform Blogspot

Menu yang atas adalah untuk mengaktifkan fitur HTTPS, sedangkan menu yang di bawah adalah fitur untuk mengarahkan (redirect) otomatis semua link (url) lama (HTTP) ke HTTPS. Selesai sudah cara mengaktifkan fitur HTTPS pada platform Blogpspot, eitsss belum.

Baca Juga : Google Adsense for Clean Water

Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan setelah Migrasi ke HTTPS

Setelah sukses migrasi website/blog dari HTTP ke HTTPS, tidak cukup sampai di sini, kita (kita? Anda saja yah, penulis kan sudah) perlu memberi tahu Google bahwa blog atau website Anda sudah migrasi ke HTTPS.
Yang pertama adalah dengan mengedit file Robots.txt agar mendukung SSL (HTTPS). Buka kembali Dashboard Blogger lalu pilih menu Settings -> Search Preferences


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search?q=*
Disallow: /*?updated-max=*
Disallow: /*?showComment=*
Disallow: /*archive.html
Allow: /

Sitemap: https://www.domainkamu.com/sitemap.xml 
Setelah update Robots.txt, selanjutnya Anda perlu meng-submit kembali sitemap tentunya dengan versi HTTPS pada Google Search Console dan Bing. Jadi nanti akan ada dua versi, yakni versi HTTP dan HTTPS pada Google Search Console.
cara membuat custom domain blogspot menjadi https
Selesai juga panduan dan catatan singkat tentang cara membuat custom domain blogspot menjadi HTTPS. Jangan lupa komentar dan silahkan share jika artikel ini bermanfaat.

Terima kasih (z)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search