Memperbaiki Flashdisk Kingston 32GB Palsu

Kenapa saya bilang palsu?, ya, karena kapasitas sebenarnya adalah hanya 4GB. Awalnya sih informasi kapasitas melalui properties itu 32GB, tetapi proses pengisian datanya sangat-sangat-sangat lama. Kenapa bisa begitu? karena ternyata flashdisk ini diformat menggunakan sistem kompresi, entahlah, kira-kira begitu sepengetauhan saya.

Terus masalahnya adalah, flashdisk ini sekarang sudah tidak bisa digunakan, karena minta diformat terus, begitu diformat, eh malah Cannot Formatted!, bingungkan?


Tidak usah bingung, langsung saja, saya buka casing, set-set, pakai kamera, jepret, dan tampaklah chipset yang digunakan flashdisk ini, yakni MW8259, yang berarti chipset Ameco/Micov, kebetulan saya sudah pernah download, yang belum punya, download di sini. Jadi, sekalian aja diformat ulang ke kapasitas defaultnya, tanpa kompresi, biar bisa digunakan normal.



Buka program MP Tools, karena sekalian mau format, jadi ganti nama Vendor saja, biar kalau ada yang curi, ketahuan kalau itu punya kita, atau biar gaya-gayaan sekalian.


Klik tab MP Setting, pada kolom Vendor dan Produk, isikan sesuai keinginan, klik Apply


Kemudian kembali ke Tab Utama, klik tombol yang mewakili drive USB Anda, pilih Start




Tunggu hingga proses format selesai, ini akan memakan waktu yang sangat lama


Pilih exit jika sudah selesai, lanjutkan dengan mem-format menggunakan program bawaan Windows




Selesai, flashdisk siap digunakan, yang tadinya kapasitas 32GB, sekarang cuma 4GB

Semoga bermanfaat

(z)

4 comments

Write comments
12:09 AM delete

Patut dicoba nih tapi kingston saya sama gak isinya dengan yang diuraikan di atas.?

Reply
avatar
1:00 PM delete

lihat tipe chipsetnya, kemudian download tools yang sesuai dengan chipset tersebut

trims

Reply
avatar
5:11 PM delete

Kok flashdisk punya saya gak kluar di toolsnya, gak keluar tulisan kayak di baris garis2 itu.. Padahal toolsnya mendukung tipe chipset saya... Mohon bantuannya trima kasih

Reply
avatar
5:12 PM delete

Kok flashdisk punya saya gak kluar di toolsnya, gak keluar tulisan kayak di baris garis2 itu.. Padahal toolsnya mendukung tipe chipset saya... Mohon bantuannya trima kasih

Reply
avatar