Mau Buat Mining Rig? Jangan Asal Pilih PCI-e Riser

Bagi penggiat cryptocurrency, mining bisa menjadi salah satu cara untuk menambah profit, selain trading dan staking tentunya. Untuk membangun sebuah mining rig, dibutuhkan GPU (VGA Card) dengan spesifikasi yang lumayan tinggi, dan tentunya berdampak pula ke harga GPU itu sendiri.
Semakin banyak GPU yang digunakan, maka semakin tinggi tingkat penyelesaian proses hasing (hashrate), sehingga semakin tinggi pula pendapatan harian yang diperoleh.


Lanjut ke mining rig, bagaimana mungkin sebuah motherboard bisa dipasangkan banyak (lebih dari dua) GPU? Beberapa motherboard memiliki jumlah slot PCI-e (x16) lebih dari satu, sehingga memungkinkan untuk dipasang GPU yang banyak. Tetapi hal itu akan meningkatkan suhu GPU sendiri, karena akan saling "berdesakan" di ruangan casing yang sempit. Terus, bagaimana pula motherboard yang hanya memiliki satu slot PCI-e (x16), tetapi memiliki slot PCI-e (x4) yang berlimpah?. Olehnya itu dikembangkan modul PCI-e Riser, untuk "memanjangkan" jangkauan PCI-e ke GPU nantinya.

Memilih PCI-e Riser tidak boleh sembarangan, di hadapan penulis, sudah hadir PCI-e Riser (1x to 16x). Akan ada empat bagian nantinya yang akan Anda peroleh jika memesan PCI-e Riser.

PCI-e (x1) to USB Module

Modul ini nantinya yang akan dipasang ke motherboard (slot PCI-express x1,x4,x16)

USB to PCI-e (x16) Module


Melalui kabel USB 3, VGA Card akan dipasang di modul ini.

High Quality USB 3 Cable


Digunakan untuk menghubungkan kedua modul di atas

Sata to 6 Pin Power Cable


Sebagai sumber catu data, menggunakan konverter Power Sata ke 6 Pin. Tetapi penulis tidak menyarankan menggunakan sambungan power seperti ini.

Baca Juga : Cara Mudah dan Murah Menambang Bitcoin dengan Processor Jadul

Nahh, dalam memilih PCI-e Riser, pastikan yang memiliki konektor power 6 Pin, bukan model lama yang hanya menggunakan konektor power 4 pin. Kenapa? Karena kebutuhan arus yang besar pada VGA, pada tegangan 12 V (kabel kuning), konektor power 6 pin memiliki 2 kabel tegangan 12 V (kabel kuning), sedangkan pada konektor power 4 pin, hanya memiliki 1 kabel untuk tegangan 12 V.


Oh iya, saya sangat tidak menyarankan untuk menggunakan kabel konverter bawaan PCI-e Riser, karena meskipun menggunakan konektor 6 pin, tetapi itu merupakan hasil konversi dari power sata, yang notabene, hanya menggunakan 1 kabel 12 v (kabel kuning), sehingga arusnya akan menjadi kurang, jadi panas, bahkan bisa hangus nantinya, percalayah. Gunakan Power Supply Unit yang agak lumayan bagus, dan tersedia konektor power 6 pin (biasanya untuk VGA).


Kemudian untuk tipe yang hadir di sini, adalah Versi 006C, dimana pada bagian IC Power, sudah menggunakan 2 buah Elco, dibanding pendahulunya yang hanya menggunakan 1 buah elco. Jadi total Elco yang digunakan adalah 4 buah.


Itu saja yang bisa penulis sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Happy mining
(z)