Awesome Miner Panduan Mining Electroneum ETN (Cryptonight) Alternatif NiceHash

- 3:24 PM
NiceHash kena hack beberapa minggu yang lalu. Sampai sekarang belum up, walaupun dari situsnya sendiri sudah bilang akan segera online kembali. Sebagai aplikasi yang sangat mudah penggunannya bagi BitCoin Miner, ini menjadi kesulitan sendiri untuk mencari pengganti  aplikasi miner yang user friendly dengan tampilan GUI dan konfigurasi yang tidak begitu rumit.

nice-hash-will-online-again

Janjinya adalah tanggal 20, tetapi sampai saat ini, penulis coba login, tidak bisa, harus reset password yang dikirim ke e-mail, dan di inbox atau spam folder pun tidak ada email resetting password.


Setelah mencari sana-sini, akhirnya ketemu satu aplikasi mining berbasis GUI dan tentunya bisa memilih Algoritma yang paling profit saat ini, Cryptonight. Oh iya, sekedar info saja, Algoritma Cryptonight ini digunakan oleh XMR Monero dan ETN Electroneum dalam proses miningnya (itu yang penulis ketahui).

Electroneum (ETN)

Karena kebetulan ETN sedang jadi Ulat (naik daun), maka koin yang akan dimining adalah ETN.


Silahkan buat dulu akun Electroneum untuk mendapatkan alamat wallet ETN yang akan digunakan untuk mining nantinya. Silahkan daftar di my.electroneum.com

Mining Pool

Mining Pool adalah tempat kita para miner untuk menambang secara bersama-sama, sehingga untuk memperoleh satu block bisa lebih cepat, dan tentunya dapat rewardnya juga cepat. Mining pool yang penulis coba adalah mining pool electroneum itu sendiri, yakni di asiapool.electroneum.com. Kenapa pilih ini? Yaa mungkin karena statistik dan history bisa saya cek, atau kebetulan juga karena belum pernah coba Mining Pool yang lain.


AwesomeMiner

Awesome Miner ini benar-benar userfriendly, ada yang versi gratis (free) dan ada yang berbayar. Saya sendiri belum cari info kelebihan aplikasi yang versi berbayar.

Penggunaan Awesome Miner cukup mudah, ditambah lagi dengan fitur pool yang bisa dibuat group, dan kemampuan untuk manage profit, artinya, akan menambang coin atau algoritma yang lebih tinggi profitnya secara otomatis berpindah-pindah.

Tetapi pada tutorial kali ini, penulis hanya akan menunjukkan Cara Mining Electroneum dengan algoritma Cryptonight menggunakan aplikasi Awesome Miner sebagai pengganti NiceHash.

Silahkan download aplikasi AwesomeMiner di sini, install seperti biasa. Setelah selesai buat miner  baru, klik tombol New Miner, lanjutkan klik Next

new miner - awesome miner panduan mining etn alternatif nicehash


new miner - awesome miner panduan mining etn alternatif nicehash

Pilih Managed Miner, lanjut klik Next

managed miner - awesome miner panduan mining etn alternatif nicehash


Isikan keterangan pada kolom Description, klik Next

managed miner - awesome miner panduan mining etn alternatif nicehash

Selanjutnya pilih algoritma Cryptonight dan software CCMiner Jika menggunakan NVidia Card, atau ClayMore jika menggunakan Radeon.

algoritma - awesome miner panduan mining etn alternatif nicehash


Lanjut pada kolom Pool, pilih tombol New >New Pool

new pool - awesome miner panduan mining etn alternatif nicehash


Silahkan isi kolom Description dengan nama pool, misalnya ETNPool.
Server URL, sesuaikan dengan Mining Pool yang digunakan, stratum+tcp://asiapool.electroneum.com:3333
Worker Name, isi dengan wallet address Electroneum (Public)
Worker Password, 0
Akhiri dengan mengklik tombol OK


pool setting - awesome miner panduan mining etn alternatif nicehash


Kembali ke Jendela Utama Awesome Miner, klik tombol Start untuk memulai mining. Kira-kira tampilannya akan seperti berikut

mining - awesome miner panduan mining etn alternatif nicehash

Sekian saja panduan singkat Cara Mining Electroneum dengan algoritma Cryptonight menggunakan aplikasi Awesome Miner sebagai pengganti NiceHash. Semoga Cepat Profit.


Terima Kasih
(z)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search