Yang Baru dari Google - AdSense Auto Ads - zdienos blog - catatan pribadi dan sedikit tutorial

Yang Baru dari Google - AdSense Auto Ads

- March 09, 2018
Kemarin, buka email ada notifikasi dari Google AdSense. Ternyata AdSense memiliki produk atau fitur ads terbaru yakni Auto ads, yang nantinya akan memudahkan para publisher dalam menggunakan adsense. Auto ads ini diinfokan di email, katanya akan meningkatkan potensi pendapatan dan menghemat waktu, dengan memanfaatkan machine learning dari Adsense Auto Ads, yang akan menampilkan iklan yang tepat pada waktu yang tepat pada pengunjung yang tepat pula.


Auto ads (iklan otomatis), kalau dilihat dari definisinya sih iklan yang tampil secara otomatis. Lahh, jadi selama ini manual? Yaa tidak begitu juga sih maksudnya, jadi Auto ads di sini betul-betul otomatis, sebagaimana penjelasan dari email tersebut:


Mudah digunakan

Cukup dengan meng-copy ad code, dan paste ke HTML di antara tag <head>. Publisher menggunakan code ad yang sama untuk setiap halaman, sisanya akan dikerjakan oleh Google.

Tampilan Iklan Sesuai Kepentingan

AdSense hanya akan menampilkan Auto ads hanya jika tampil secara menarik agar menghasilkan user experience yang baik pula.

Meningkatkan Pendapatan 

Auto ads bekerja dengan atau bersama Google ads yang sudah ada. Jika situs Anda memiliki potensi untuk penempatan monetisasi, maka Auto ads akan mendeteksi secara otomatis dan menampilkan iklan secara otomatis pula.

Cara Kerja Auto ads

Auto ads memanfatkan teknologi Google machine learning, untuk
mendeteksi atau mempelajari struktur halaman situs Anda
Mendeteksi Google Ads yang sudah ada
Secara otomatis memasang iklan berdasarkan elemen atau layout halaman situs yang dibuat, jumlah konten pada halaman, bahkan pada pada Google ads yang sudah ada

Cara Memasang Auto ads

Untuk memasang iklan Auto ads, masuk ke Dashboar AdSense Anda, pilih My Ads, lalu Auto ads.
Pilih tipe iklan yang diinginkan, bisa Text, In-Feed, In-article, atau Matched Content.
Terakhir, copy dan paste code iklan ke template atau HTML, di antara tag <HEAD> dan </HEAD>.
Setelah di-paste, tentunya simpan, dan tunggu 5 hingga 30 menit. Maka iklan Auto ads akan tampil, tetapi ingat ya, karena ini auto ads, maka si Iklan akan tampil "semau" dia, sesuai kriteria visitor web. Bisa jadi, Anda tidak bisa melihat iklan tersebut, tetapi visitor Anda bisa melihatnya.



Oh iya, yang jadi pertanyaan adalah, apakah kode iklan Google AdSense yang sudah ada, perlu dihapus juga? Kalau menurut saya sih  tidak perlu, karena sesuatu fitur Auto ads, dia akan mendeteksi jika sudah ada kode Google AdSense.


Hasil

Setelah mencoba memasang Auto ads, maka di blog penulis, hanya bertambah satu ads, kecil di bawah sidebar kanan (popular, kategori, comment). Di mana iklan tersebut kadang tampil, kadang juga tidak. Namanya juga Auto. Hehehehe



Itu saja, semoga bermanfaat
(z)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search