Cara Membuat XAMPP Start Otomatis di Linux - zdienos blog - catatan pribadi dan sedikit tutorial

Cara Membuat XAMPP Start Otomatis di Linux

- September 14, 2018
Bagi developer web abal-abal seperti penulis, xampp menjadi pilihan yang praktis dalam mencoba atau menjalankan website pada localhost. Nahh, karena penulis menggunakan linux pop_os (Ubuntu based), dan kayaknya hampir pada semua distro linux,  instalasi XAMPP for linux, tidak ada opsi untuk bisa running secara otomatis setiap kali komputer boot.

cara membuat xampp for linux start otomatis

Manual Starting

XAMPP harus dijalankan secara manual dengan memanggil atau mengekusi lampp. Penulis sendiri membuat script agar tidak capek ngetik perintahnya, seperti berikut:
#!/bin/bash 
/opt/lampp/xampp start
Kemudian diberi nama mulai.sh, jadi, setiap kali ingin menjalankan xampp, penulis cukup ketikkan perintah
./mulai.sh
cara membuat xampp for linux start otomatis


Lanjut deh, ngerjain coding nya. Tetapi, lama-kelamaan menjadi malas juga ngetik-ngetik seperti itu setiap kali komputer boot. Makanya pada postingan kali ini, penulis akan mencoba bagaimana cara membuat XAMPP bisa start otomatis di linux.

Automatic Starting

Karena distro linux yang penulis gunakan based on Ubuntu, biasanya service-service yang dijalankan saat booting berada pada folder /etc/init.d.
Olehnya itu kita (kita?) akan mencoba buat suatu script yang akan dijalankan saat booting nanti.

Buat file pada foler /etc/init.d dengan nama lampp (bebas sih namanya!)
sudo pico /etc/init.d/lampp
Karena gunanya hanya untuk menjalankan XAMPP, dan isinya tentu samalah dengan script mulai.sh, yakni
#!/bin/bash 
/opt/lampp/xampp start
Beri hak akses execute dengan mengetikkan perintah
sudo chmod +x /etc/init.d/lampp
Langkah terakhir dengan menjalakan perintah update-rc.d, agar script tadi 'terdaftar' sebagai script yang akan dijalankan saat booting.
sudo update-rc.d lampp defaults
Coba reboot, kalau bener caranya, harusnya sih sudah berhasil. Coba buka browser ke http://localhost

cara membuat xampp for linux start otomatis


Postingan cepat dan singkat, sekedar catatan biar tidak lupa, dan siapa tau bermanfaat bagi yang baca.
Terima kasih (z)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search