Inilah 5 Perbedaan Konsep Marketing dan Sales Berdasarkan Fungsinya

- November 05, 2019
Meski keduanya berbeda, tetapi masih banyak orang yang menganggap marketing dan sales itu sama. Divisi sales dan marketing seringkali mengalami miskonsepsi dan sering dianggap sama saja, baik itu fungsi dan tugas kerjanya. Tak hanya itu saja, jika dilihat dari segi konsep, tentu saja marketing dan sales sangatlah berbeda. Dalam sebuah perusahaan, marketing dan sales merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target. Namun konsepnya sangatlah berbeda meski masih ada orang yang beranggapan konsepnya sama. Sebelum menjelaskan soal konsep, marilah untuk lebih menjelaskan apa itu sales dan apa itu marketing.
inilah-5-perbedaan-konsep-marketing-dan-sales
Marketing adalah kegiatan implementasi strategi yang dijalankan dengan sistem. Sedangkan sales merupakan bagian dari perusahaan yang kegiatannya adalah menjual, memastikan produk yang terlihat maupun tidak terlihat agar bisa diterima oleh konsumen. Dengan adanya penjelasan singkat tersebut pastinya sudah bisa dipahami kalau keduanya memang beda. Hal itu juga akan memudahkan untuk masuk ke poin selanjutnya yaitu mengenai konsep antara marketing dan sales. Mengapa konsep sangatlah penting? Karena hal itu juga bisa dibilang salah satu trik dalam memasarkan suatu produk. Dalam dunia marketing, tentunya kita harus paham mengenai banyak konsep. Seperti halnya konsep dalam berjualan atau kemanapun menjual barang.

Anda yang berprofesi sebagai sales maupun marketing juga harus paham akan konsep yang akan dijalankan. Profesi seorang marketing harus tahu kalau mereka sebaiknya tidak memakai konsep sales begitu juga sebaliknya. Baik marketing maupun sales harus memiliki konsep. Konsep adalah suatu representasi abstrak dan umum tentang sesuatu yang bertujuan menjelaskan suatu benda, gagasan, atau peristiwa.
Baik marketing maupun sales harus memiliki konsep



Berikut 5 Perbedaan antara Konsep Marketing dan Konsep sales

1. Konsep marketing lebih berorientasi kepada kepuasan konsumen, sementara untuk sales sendiri lebih berorientasi untuk menjaga bisnis dan produk yang dihasilkan

Produk yang kita miliki tentu akan memberikan kesan yang berbeda-beda pada pelanggan. Ada yang puas dan ada yang mungkin kurang puas atau bahkan kecewa. Dan yang paling bertanggung jawab soal ini adalah marketing. Seorang marketing harus bisa meyakinkan kepuasan pada pelanggan sehingga mereka merasa produk kitalah yang paling hebat. Marketing harus bisa menjalin kerja sama yang baik untuk pelanggan, hal ini secara tidak langsung juga bisa membentuk kerja sama yang panjang. Anda pastinya sudah tahu kalau seorang marketing harus bisa menjalin komunikasi yang baik agar selalu bisa menawarkan produk baru kepada para pelanggannya. Namun, hal ini berbeda dengan konsep sales. Seorang sales lebih bertanggung jawab dengan produk yang dihasilkan. Secara garis besar, sales bertanggung jawab dengan produk yang dijual. Mereka juga yang selalu “memutar otak” tentang bagaimana agar produk laku terjual semua. Dari sini sudah pasti terlihat dengan jelas tentang perbedaannya.

2. Konsep marketing lebih mengarahkan produk agar dapat masuk ke dalam pikiran konsumen secara perlahan, sementara sales cenderung memaksa konsumen berpikir tentang produk

Di sini sangat jelas bedanya.Istilah kasarnya, marketing lebih berhati-hati dalam menawarkan produk sementara sales lebih to the point. Prioritas seorang marketing adalah agar bisa menjalin hubungan yang baik dengan customer supaya bisa menjadi pelanggan setia. Hal ini berbeda dengan sales yang lebih mencari target agar membeli barang-barang tanpa harus ada basa-basi yang panjang. selain itu, sales juga harus pandai dalam menjelaskan keunggulan produk supaya customer tertarik untuk membelinya. Maka dari itu, seorang sales juga harus paham betul mengenai produk yang dijual sehingga bisa menjawab dengan benar jika ada pelanggan yang bertanya.

3. Konsep marketing lebih fokus kepada kebutuhan konsumen, sedangkan sales lebih berfokus kepada produk

Seorang marketing harus lebih fokus dengan kebutuhan konsumen. Jika Anda ingin menjadi seorang marketing, maka Anda harus bisa mendekati pelanggan dengan menanyakan apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki seorang marketing. Mereka harus terbiasa menjual produk dengan teknik soft selling sehingga tidak terlalu terlihat kalau sedang berjualan.
Konsep marketing lebih fokus kepada kebutuhan konsumen, sedangkan sales lebih berfokus kepada produk

Berbeda dengan seorang sales, mereka hanya memikirkan bagaimana caranya agar produk laku terjual. Sales yang baik harus punya trik unik agar produk cepat laku terjual. Bagaimanapun caranya, mereka harus bisa menjual produk sesuai target yang telah diterapkan. Kebanyakan sales biasanya memiliki trik sendiri dalam memasarkan sehingga berapapun targetnya akan sangat mudah untuk dijual.

4. Konsep marketing harus mencakup berbagai strategi, termasuk produk, harga, tempat, distribusi dan promosi, sedangkan sales hanya fokus dengan promosi dan persuasi

Jika dilihat di sini memang konsep marketing lebih ribet jika dibanding dengan sales. Sales harus lebih memaksimalkan promosi dan bagaimana cara agar customer terpengaruh untuk membeli produk. Sedangkan untuk marketing harus memikirkan bagaimana strategi pemasaran unik dan beda dari yang lain. Selain itu marketing harus pandai dalam memainkan harga agar tidak rugi saat berjualan.

5. Konsep marketing bertanggung jawab dengan harga produk yang sudah ditentukan oleh permintaan dan penawaran komoditas pasar, sedangkan konsep sales bertanggung jawab dengan biaya produksi sebagai dasar pembentukan harga produk

Harga yang ditawarkan pada produk sebenarnya adalah tanggung jawab sales. Mereka akan langsung berhubungan dengan tim produksi. Kendati demikian, marketing juga harus turut andil memberikan penawaran harga yang disesuaikan dengan komoditas pasar. Meski memiliki konsep yang berbeda, akan tetapi sales dan marketing harus bekerja sama dalam menjual produk. Intinya memang menjual produk, hanya saja caranya yang berbeda, namun tujuannya tetap sama. Begitulah cara marketing dan sales dalam menjalankan konsep mereka. Banyak perbedaanya bukan? Dengan melihatnya dari segi konsep pastinya kamu sudah bisa membedakan antara marketing dan sales. Mungkin di zaman dulu masih sulit dalam membedakan konsep sales dan marketing lantaran kurangnya cara marketing secara digital. Berhubung sekarang zaman sudah mulai maju dan banyak orang yang lebih melek terhadap teknologi, maka konsep marketing dan sales juga harus berbeda agar lebih cepat dalam menentukan target suatu perusahaan. Demikian sekilas penjelasan tentang perbedaan antara konsep sales dan marketing. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan domain dan hosting yang murah.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search