Install Driver Wifi 8821CE di MX-Linux untuk Lenovo Ideapad 130-15IKB

- January 26, 2020
Install Driver Wifi 8821CE di MX-Linux untuk Lenovo Ideapad 130-15IKB

Wahh, lumayan lama juga ya Saya tidak buat postingan lagi, yaa mohon dimaklumi saja, karena akhir-akhir ini Saya lagi sibuk di beberapa project, Project Internal (lagi maless), dan Project External (maless lagi).
Langsung saja ya, di meja saya sudah ada Laptop Lenovo seri Ideapad 130-15IKB. Sedikit spesifikasi yang bisa saya berikan, laptop ini memiliki processor Intel i5-8250U @1.8GHz (8 core), 4GB DDR4. Tibalah saatnya memilih OS untuk laptop ini, bawaan dari tokonya sih sudah ada Windows 10 Home Edition, tetapi untuk RAM 4GB, terasa pas-pasan, karena kondisi idle saja sudah terpakai hampir 50% RAM.

Oke, coba ganti ke OS Linux dengan merujuk distrowatch, maka pilihan jatuh ke MX-Linux. Setelah download ISO dan buat bootable USB, saya pun coba boot ke Live session, dan ternyata benar, sangat enteng. Tanpa tunggu lama-lama, saya pun memilih untuk install ke harddisk. Reboot. Selesai.

Ternyata belum selesai sampai di sini, setelah cek kompatibilitas hardware seperti touchpad, keyboard, tombol fungsi (brightness, volume), display dan audio, semuanya dideteksi dengan baik oleh MX Linux, kecuali... Wireless. Saya coba cek menggunakan command lspci, hardwarenya terdetek, tetapi belum aktif, alias gak ada driver. Dengan bermodalkan USB Wireles TP-Link, cari info di internet, ternyata saya adalah orang terakhir (saat itu) yang mengalami hal yang sama. Pencarian saya berakhir di https://github.com/tomaspinho/rtl8821ce, silahkan clone atau download filenya. Selanjutnya saya akan jelaskan cara Install Driver Wifi 8221CE di MX-Linux untuk Lenovo Ideapad 130-15IKB.

Install Kebutuhan Compile

Karena kita akan meng-compile driver aka kernel, maka wajib hukumnya untuk menginstall tools ini. Langsung saja dari terminal, ketikkan
sudo apt install build-essential linux-headers-$(uname -r)
Install Driver Wifi 8821CE di MX-Linux untuk Lenovo Ideapad 130-15IKB

Lanjutkan dengan menginstall dkms, apa itu? DKMS (Dynamic Kernel Module System), bahasa gampangnya sih agar driver tambahan yang dibuat tadi akan tetap terload pada saat menggunakan kernel terbaru, gituu.
sudo apt install dkms
Sudah download sourcecode driver tadi kan? Extract dan silahkan ganti direktori (cd) atau masuk ke direktori tersebut.
cd Downloads
cd rtl8821ce-master
Lakukan instalasi/compile dengan perintah berikut
sudo ./dkms-install.sh 
Install Driver Wifi 8821CE di MX-Linux untuk Lenovo Ideapad 130-15IKB
Tunggu hingga proses selesai, kemudian coba lakukan probing module dengan perintah
sudo modprobe 8821ce
Install Driver Wifi 8821CE di MX-Linux untuk Lenovo Ideapad 130-15IKB

Harusnya sih sekarang sudah kelihatan wireless adapternya, oh iya jangan heran yah, kok ada 2 wireless adapter di laptop saya? Yang satunya pake USB TP Link loh. Coba reboot lah untuk memastikan apakah driver terload. Sampai saat postingan ini dibuat, saya berinternet masih menggunakan wifi 8821CE bawaan laptop.

Demikian postingan saya kali ini, yang cukuuuup lama baru posting lagi, semoga bermanfaat.

(z)

1 comment:


EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search